Survei IPE Ungkap Elektabilitas Ganjar-Mahfud Terus Naik: Dinilai Dekat dengan Rakyat, Jujur, dan Bebas KKN

Global FM
3 Jan 2024 22:54
2 minutes reading

Mataram (Global FM Lombok)-

Rilis hasil survey Indonesia Politics Expert (IPE) periode Agustus—Desember 2023 menunjukkan elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, terus mengalami kenaikan.

Agustanto Suprayoghi, Direktur Riset dan Suvey IPE mengatakan, kenaikan elektabilitas ini diyakini punya kaitan dengan sosok Ganjar-Mahfud yang dinilai dekat dengan rakyat, jujur, dan bebas dari kasus Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

“Kenaikan elektabilitas 03 mempunyai relevansi yang cukup kuat dengan figur idaman capres-cawapres yang diinginkan masyarakat dekat dengan rakyat, bebas KKN, jujur dipercaya,” jelas Agustanto Suprayoghi, Direktur Riset dan Suvey IP, Selasa (02/01/24), seperti dikutip dari sindonews.com.

Masih kata Agustanto, hasil survey periode Agustus—September 2023 Ganjar-Mahfud memperoleh persentase 30,45%. Angka ini kemudian naik lagi pada November menjadi 32.78%. Lalu di penghujung 2023 yakni pada Desember angkanya terus naik hingga mencapai 33,57%.

Sementara itu, masih menurut survei IPE yang dikutip dari inews.com, paslon capres-cawapres nomor 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, pada periode Agustus—September 2023 hanya memperoleh 23,79%. Namun angka ini naik di periode November menjadi 25,60%, dan terakhir naik lagi menjadi 26,79% pada Desember.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, memperoleh 29,89% pada periode Agustus—September 2023, lalu naik lagi menjadi 30,75 % pada periode November, dan pada periode Desember 2023 naik lagi menjadi 31,25%.

Itu artinya secara konsisten pada setiap periode elektablitas Ganjar-Mahfud unggul di atas paslon 1 dan paslon 2.

Survei IPE ini, sebagaimana dikutip dari tvonenews.com, digelar selama rentang periode Agustus 2023 hingga Januari 2024. Survei ini melingkupi 416 Kabupaten dan 98 Kota se-Indonesia. Teknik pengambilan atau responen menggunakan metode random purposive pada 2400 responden, sampling error 2,83%, dengan Tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Agustanto mengatakan, yang perlu dilakukan oleh TPN Ganjar-Mahfud saat ini adalah terus-menerus sosalisasi visi-misi capres-cawapres nomor urut 3 itu ke masyarakat secara luas. Karena, masih kata Agustanto, citra positif yang dibangun terhadap Ganjar-Mahfud sudah meninggalkan bekas pada masyarakat.

“Jadi dari paslon 3 branding yang sudah dilakukan oleh TPN sampai hari ini menurut kami itu sudah nempel. Sekarang tinggal bagaimana visi misi lebih disosialisasikan,” kata Agustanto, dikutip dari sindonews.com.(r)

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming