Selain Dituntut Tetap Disiplin Prokes, Ibu Hamil di Kota Mataram Juga Bisa Ikuti Vaksin

Global FM
26 Aug 2021 17:21
2 minutes reading
Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Usman Hadi/Global FM Lombok-Ist

Mataram (Global FM Lombok) – Ibu hamil tetap diimbau untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) agar mereka tetap sehat selama proses kehamilan. Selain dituntut untuk disiplin prokes, para ibu hamil di Kota Mataram juga bisa mengikuti vaksinasi. Sebab  Kota Mataram akan menjadi salah satu dari dua daerah yang akan memberikan vaksinasi bagi ibu hamil di NTB.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Usman Hadi, Kamis (26/8) pagi mengatakan, di Kota Mataram, sekitar dua ribu ibu hamil menjadi sasaran vaksin Covid-19. Vaksinasi untuk ibu hamil ini akan dilayani di Puskesmas. Karena pelayanan vaksinasi khusus ibu hamil tidak bisa dilayani di Posyandu yang biasa dilaksanakan di lingkungan.

“11 Puskesmas di Mataram siap layani vaksinasi untuk ibu hamil. Potensi sasaran 2.000 orang. Memang agak cukup berat karena masih ada kekhawatiran atau ketakutan dari ibu hamil, namun secara pelan-pelan kita kasi pengertian,” kata dr. Usman Hadi kepada Kamis (26/8) di Mataram.

Sementara target ibu hamil yang boleh divaksin yaitu usia kandungan sudah memasuki 17 minggu. Namun jika ada keluhan yang dirasakan setelah divaksin maka akan dikonsultasikan ke dokter kandungan.  

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan saat ini agar ibu hamil di Kota Mataram mau divaksin, yaitu dengan memaksimalkan sosialisasi. Sebanyak 11 puskesmas yang ada di Kota Mataram diminta untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat. (ris)

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming