Paling Unggul, Lombok Barat Raih Juara 1 Anugrah Keterbukaan informasi Publik

Mataram (Global FM Lombok)- Kabupaten Lombok Barat dibawah kepemimpinan Bupati Fauzan Khalid dan Wakil Bupati Hj. Sumiatun kembali mendapat penghargaan di bidang Keterbukaan Informasi Publik. Lombok Barat meraih juara 1 atau peringkat pertama dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan, Senin, 19 Desember 2022 di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik tersebut Lombok Barat berhasil meraih nilai tertinggi yaitu 99,50 yang jauh mengungguli Kabupaten/Kota Lain di NTB. Hal ini mengantarkan Kabupaten Lombok Barat menjadi Kabupaten/Kota terbaik dan peringkat satu dalam keterbukaan informasi publik di NTB.

Setelah Lombok Barat, disusul oleh Kota Mataram dan Lombok Timur. Sementara Lombok Tengah berada di posisi 5. Adapun untuk katagori Desa Se Lombok Barat, Desa Senggigi menjadi satu satunya desa dengan katagori Informatif diantara seluruh desa di NTB yang mengikuti Monev Komisi Informasi Propinsi NTB.

Wakil Gubernur NTB Hj. Siti Rohmi Djalilah mengatakan Keterbukaan Informasi Publik merupakan sebuah keharusan di zaman demokrasi saat ini. Selain itu keterbukaan informasi juga sudah diatur dalam Undang Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Karenanya ia berharap semua badan publik untuk melaksanakan perintah undang undang tersebut.

“Kami minta semua Badan Publik Baik OPD, BUMD, Kabupaten/Kota dan Desa untuk melaksanakan keterbukaan informasi sesuai UU dan harus informatif” ujarnya.

Ia berharap semua OPD di propinsi dapat masuk pada katagori Informatif. Hal ini agar indeks keterbukaan informasi Publik NTB semakin baik dan tinggi. Ia mengatakan bahwa selama ini Provinsi NTB tetap berada di peringkat 5 besar nasional untuk keterbukaan informasi Publik.

“Selamat Untuk Badan Publik Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten/Kota lainnya serta OPD, BUMD, KPU, Instansi Vertikal dan Desa yang telah meraih katagori Informatif” ujarnya.

Sementara itu Kepala Komisi Informasi Propinsi NTB Suaeb Qury mengatakan bahwa Kabupaten Lombok Barat memiliki semangat yang luar biasa sehingga bisa memperoleh juara 1 untuk katagori Badan Publik Kabupaten/Kota di NTB meninggalkan Kabupaten/Kota lainnya.

Ia mengatakan hal ini tentunya ditunjang oleh kebijakan Pemerintah Daerah yang mendukung iklim keterbukaan informasi Publik. Karenanya ia mengapresiasi langkah Bupati, Wakil Bupati dan Sekda serta PPID Kabupaten Lombok Barat yang terus mendukung upaya keterbukaan informasi Publik.

Selain itu ia juga mengapresiasi Desa Senggigi yang menjadi satu satunya desa yang meraih anugrah keterbukaan informasi publik katagori badan Publik Desa. Hal ini tentu tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan oleh PPID utama Kabupaten Lombok Barat.

“Kabupaten Lombok Barat luar biasa dan memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan keterbukaan informasi Publik. Selamat untuk Kabupaten Lombok Barat” ujarnya.

Sementara itu Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas Anugrah Keterbukaan Informasi Publik yang diberikan oleh Komisi Informasi. Hal ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi semua pihak sehingga Lombok Barat dapat memperoleh juara 1 atau nilai tertinggi dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik.

Ia menyampaikan bahwa dengan kolaborasi dan kebersamaan yang diterapkan selama ini, Lombok Barat memperoleh sejumlah prestasi membanggakan. Salah satunya adalah anugrah keterbukaan informasi Publik dari Komisi Informasi. Ia

“Anugrah ini sebagai wujud komitmen dan keseriusan kami di Kabupaten Lombok Barat dalam melaksanakan keterbukaan informasi Publik. Terima kasih kepada komisi informasi dan Pemerintah Propinsi atas berbagai masukan dan bimbingan yang diberikan kepada PPID Lombok Barat,” ujar Fauzan.

Bupati dua periode ini mengatakan bahwa Anugrah Keterbukaan Informasi ini merupakan hasil kerja keras, kebersamaan dan kolaborasi berbagai pihak. Karenanya ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak khususnya jajaran Diskominfo yang terus berinovasi dan melakukan berbagai terobosan sehingga prestasi ini dapat diraih.

Ia berharap agar berbagai prestasi yang diraih oleh Lombok Barat dapat mendukung pelaksanaan pembangunan sehingga dapat mewujudkan Lombok Barat mantap. “Prestasi ini dapat kita raih karena semangat kerja keras, kebersamaan dan kolaborasi yang selama ini kita lakukan di Lobar. Kami berharap pretasi prestasi ini dapat mendukung pelaksanaan pembangunan daerah. Terima kasih kepada semua pihak yang terus berinovasi dan melakukan terobosan saat situasi sulit seperti saat ini. semoga kita terus meraih prestasi membanggakan” ujarnya.(ris/r)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply