Cegah Penyebaran Omicron, Sampel PCR Positif akan Dikirim ke Jakarta untuk Pemeriksaan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Usman Hadi/Global FM Lombok-dok

Mataram (Global FM Lombok) – Kasus Covid-19 varian omicron memang sangat mengkhawatirkan. Dengan adanya temuan kasus virus Corona varian baru tersebut, Kota Mataram memperketat antisipasi. Hal yang terpenting adalah kembali memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Usman Hadi Senin (20/12) di Mataram mengatakan, kasus Covid-19 di Kota Mataram telah menurun drastis. Meskipun demikian, pencegahan virus Corona tetap dilakunan dengan maksimal.

Diterangkan Usman, jika ada kasus positif Covid-19 di Kota Mataram, maka hasil tes tersebut akan dikirim ke laboraturium di Jakarta. Hal ini untuk mementukan apakah pasien tersebut terpapar Virus Corona jenis Omicron atau tidak.

“Setiap PCR Yang positif dilakukan tes genom-nya. Kalau di sini positif akan dikirim lagi ke Jakarta untuk pemeriksaan lab,” ujar Usman.

Dia menambahkan, beberapa pekan terakhir angka kasus Covid-19 terjadi penurunan yang cukup signifikan. Bahkan, per 19 Desember kemarin, tidak ada tambahan kasus Covid di Provinsi NTB. Namun demikian, langkah antisipasi yang dilakukan masih tetap sama yaitu dengan memaksimalkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi) serta mempercepat vaksinasi.(zainudin syafari/ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply