Vaksinasi dan Prokes Berjalan Baik, Pandemi Covid-19 di NTB Menurun

Asisten III Setda NTB dr Nurhandini Eka Dewi/Global FM Lombok-Ist

Mataram (Global FM Lombok)- Perkembangan pandemi Covid-19 di Provinsi NTB secara umum terus menurun. Hal tersebut dilihat dari sejumlah indikator seperti positif rate NTB yang berada di angka 0,39%. Angka inijauh lebih rendah dari positif rate nasional sebesar 0,69%.

Begitu juga capaian testing di provinsi NTB sudah berada pada kategori sangat baik dari target Inmendagri sebanyak 15.302 per pekan. Dimana NTB telah terlampaui  target tersebut dengan jumlah testing sebanyak 20.341 testing per pekan (132,93%).

Hal tersebut disampaikan Asisten III Setda NTB dr Nurhandini Eka Dewi kepada Global FM Lombok, Selasa (19/10) siang. Ia mengatakan, membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Provinsi NTB tak terlepas dari program vaksinasi yang begitu gencar di NTB serta kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

“Kita sudah lakukan tracing dan testing, dari situ didapatkan kasus positif yang sedikit, dan transmisi komunitasnya sudah sangat menurun. Faktornya adalah karena vaksinasi dan prokes itu. Kita ini salah satu provinsi yang patuh prokes,” kata dr Eka.   

Ia mengatakan, berdasarkan data Covid-19 sampai tanggal 16 Oktober 2021, jumlah kasus aktif Covid-19 di NTB sebanyak 211 orang, bahkan tanggal 18 Oktober kemarin penambahan positif baru hanya 4 orang. Saat ini sebagian besar ruang perawatan Covid di rumah sakit sudah kosong, bahkan di Rumah Sakit Darurat Asrama Haji tersisa satu orang pasien yang masih dirawat. Adapun tingkat kesembuhan Covid-19 di NTB berada di angka 96 persen.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply