NTB Tembus 10 Besar, Voli Pasir Putri dan Kempo Amankan Emas

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah bersama pasangan atlet voli pasir NTB, Desi Ratnasari (kiri) dan Allysa Mutakhara menunjukan medali emas PON XX di Lapangan Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Minggu, 10 Oktober 2021.(Suara NTB/PB PON: Muhammad Solihin)

Jayapura (Global FM lombok) – Impian cabang olahraga voli pasir mengamankan satu medali emas di PON XX di Papua 2021 terwujud. Medali emas voli pasir NTB diraih lewat pasangan Desi Ratnasari dan Allysa Mutakhara usai mengalahkan tim Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pasangan Yokebed Purari Eka Setyaningrum-Maria Dwiningtyas dengan skor 2-1 (21-17, 17-21 dan 15-13 di Lapangan Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Minggu, 10 Oktober 2021.

Pertandingan kedua tim berjalan sangat ketat, masing-masing tim sama unggul satu set. Set pertama NTB berhasil unggul 21-17. Di set kedua, DIY menyamakan kedudukan 1-1 dengan skor 21-17. Selanjutnya, pertandingan dilanjutkan dengan set ke-3, dan di set penentu ini, NTB unggul 15-13. Hasil ini membawa tim NTB keluar sebagai juara dan meraih medali emas, sementara medali perak diraih DIY.

Ketua Umum Pengprov PBVSI NTB, H. Surya Bahari  mengatakan sangat bangga atas hasil yang diraih tim voli pasir NTB. Pasalnya mereka menargetkan satu medali emas di ajang multi event olahraga nasional ini. Dan hasilnya atlet voli pasir NTB berhasil mengamankan  target satu medali emas.

“Alhamdulillah atlet kita sudah mengamankan target satu medali emas. Insyaallah dua medali emas untuk NTB dan Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat NTB,” harapnya.

Setelah meraih satu medali emas lewat tim putri, Surya semakin yakin bahwa NTB dapat kembali meraih medali emas di tim putra. Maklum NTB berhasil meloloskan tim putri dan tim putra di ajang multi event nasional.

Berdasarkan jadwal pertandingan, tim voli pasir Putra NTB yang diperkuat Danangsyah dan Thio Kusuma akan melawan tim DIY 1 di laga final, Senin, 11 Oktober 2021. Surya berharap tim putra NTB bisa mengalahkan tim DIY sehingga bisa meraih satu medali emas lagi di voli pasir putra.

Bila NTB berhasil meraih medali emas di voli pasir putra, maka dua emas yang diperebutkan di cabang olahraga voli pasir akan menjadi milik NTB. “Kita tetap berusaha maksimal namun tetap kehendak yang kuasa menentukan,” ujarnya.

Emas Cabor Kempo

Sementara itu, Atlet berpasangan putra dari cabang olahraga kempo NTB, Idham Kholik- Rizkiawan Dwi Santriaji tampil gemilang di ajang PON XX di Klaster Kabupaten Jayapura, Minggu, 10 Oktober 2021. Dua atlet ini merebut meraih medali emas  di nomor embu berpasangan putra kyu kenshi.

Medali emas tersebut diraih dua atlet NTB di kelas kerapian gerakan (embu) pasangan Kyu kensi putra. Mereka meraih poin tertinggi selama tampil di dua babak final. Mengalahkan atlet dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Arief Herry Purwanto-Randaka M. Putra di peringkat dua dan atlet Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Aloysius Yogi-Andreas Tulus di peringkat tiga.

“Alhamdulillah atlet kami berhasil meraih medali emas di kelas embu berpasangan putra kyu kenshi,” ucap Pelatih Pelatda Kempo NTB, Agus Suharyan dengan penuh rasa bangga.

Agus yang merupakan pelatih Dan 5,5 (lima setengah) ini menjelaskan bahwa medali emas tersebut  sesuai dengan target dari KONI NTB.  Dimana KONI NTB menargetkan satu medali emas dari cabang olahraga Kempo.

Meski sudah meraih satu medali emas, namun Agus mengatakan bahwa  cabor kempo yang diperkuat  delapan atlet masih mengincar satu medali emas lagi, pasalnya pihak Pengprov Perkemi NTB menargetkan dua medali emas lewat delapan atletnya.

Menurut Agus, peluang NTB meraih satu medali emas lagi cukup terbuka, padanya atlet NTB masih akan mengikuti lima nomor lagi, yakni dua nomor randori (perkelahian)  putra serta tiga nomor embu, berpasangan putri, beregu putra dan campuran.

“Atlet kami masih berpeluang menambah medali emas, karena masih ada lima nomor lagi yang akan diikuti atlet kami. Mudah-mudahan bisa menambah satu medali emas lagi,” harapnya.

NTB juga meraih satu medali perunggu di nomor 400 meter gawang  atletik lewat Adrian. Tambahan dua emas dan satu perunggu berhasil menggeser posisi NTB ke 10 besar, tepatnya peringkat 9 klasemen perolehan medali emas sementara dari 34 provinsi. Sebelumnya, NTB meraih peringkat 13 besar dengan meraih 6 emas, 6 perak dan 3 perunggu. Dan jumlah medali NTB bertambah menjadi 18 medali, yakni 8 emas, 6 perak dan 4 perunggu. (fan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply