Sempat Ditutup Akibat Cuaca Buruk, Penyeberangan Kayangan-Pototano Kembali Dibuka

Surat penundaan sementara penyeberangan dari arah Pelabuhan Kayangan, Lotim menuju Pelabuhan Pototano, KSB, Jumat 3 September 2021.

Selong (Global FM Lombok) –
PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Kayangan Kabupaten Lombok Timur (Lotim) membuka kembali penyeberangan di Pelabuhan Kayangan Lotim menuju – Pototano Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Penyeberangan dibuka sekitar pukul, 16:00 Wita pasca ditutup pada pukul 13:30 Wita akibat cuaca buruk.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan, Capt. Lutfi Pratama, membenarkan penutupan sementara penyeberangan jalur laut dari arah Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Pototano, KSB. Penutupan sementara ini dilakukan pada pukul 12:30 Wita.

“Berdasarkan surat dari BPTD, pelabuhan ditutup sementara karena faktor cuaca,”terangnya.

Untuk waktu penundaan sementara ini, lanjutnya, pada dasarnya tidak menentu tergantung dari faktor cuaca. Apabila cuaca sudah membaik, maka kapal dapat diizinkan kembali untuk berlayar. “Pelayaran dibuka kembali pada pukul 16:00 Wita,”terangnya.

Cuaca kurang baik ini terjadi di Selat Alas dengan kecepatan angin 30-34 knot dan ketinggian gelombang 1,5 meter hingga 2 meter. Kondisi ini tentunya dapat membahayakan penumpang saat berlayar.

Terkait kondisi itu, Lutfi menegaskan tidak terlalu berpengaruh terhadap menumpuknya penumpang di areal pelabuhan. Pihaknya juga sudah memberikan permakluman kepada penumpang dengan kondisi di yang terjadi di lapangan.

Hal senada disampaikan, Kapolsek KP3 Kayangan, Iptu. Sahiman, bahwa kondisi di Pelabuhan Kayangan saat ini aman. Para penumpang baik sepeda motor, pejalan kaki maupun roda empat secara tertib menunggu kondisi cuaca yang membaik.

“Tidak terjadi penumpukan penumpang. Penumpang memahami karena mereka melihat langsung kondisi di lapangan,”paparnya. (yon)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply