Pastikan Prokes Dijalankan, Danrem Ingatkan Agar Kabupaten/Kota Dirikan Posko PPKM

Rapat evaluasi mingguan pengendalian pandemi Covid 19 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Senin (16/08) / Global FM Lombok- Ist

Mataram (Global FM Lombok)- Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengingatkan agar Pemda Kabupaten/Kota di NTB mendirikan posko PPKM di masing-masing daerah. Posko ini harus dilengkapi dengan personil atau SDM yang memadai sehingga penanganan Covid-19 di daerah tetap terlaksana dengan baik.

Hal itu disampaikan oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dalam rapat evaluasi mingguan pengendalian pandemi Covid 19 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Senin (16/08) pagi. Ia berharap BPBD dan Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten/kota agar segera bergerak mendirikan posko PPKM tersebut. Pasalnya di tingkat desa, posko PPKM tersebut sudah terbentuk dan sudah berjalan.

“Masih banyak yang belum mendirikan posko PPKM, padahal di hampir seluruh desa sudah didirikan posko PPKM itu. Namun di kabupaten/koat belum didirikan dan dilengkapi dengan personil.  Jadi tolong BPBD kabupaten/kota maupun Dinas Kesehatan agar membentuk posko ini,” ujar Danrem.

Soal tugas dan fungsi posko PPKM ini,  Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito seperti dikutip dari laman covid19.go.id, mengatakan, tugas yang pertama posko ini adalah bagaimana agar masyarakat dapat teredukasi dan memiliki pemahaman untuk dapat melaksanakan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Dalam hal ini, penerapan disiplin protokol kesehatan selama masa pandemi Covid19 menjadi penting. Sebab, perantara atau pembawa virus penyebab Covid-19 adalah manusia dan tidak ada seorang pun yang kebal terhadap Covid.

Kemudian tugas yang kedua adalah bagaimana agar masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 dengan kondisi tanpa gejala atau OTG bersedia menjalani isolasi mandiri di tempat isolasi terpusat yang disediakan Satgas Penanganan Covid-19 di daerah. Berikutnya, tugas dan peran Posko PPKM yang ketiga adalah dapat mendukung pelaksanaan program vaksinasi agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai. Melalui program vaksinasi, maka seseorang akan memiliki kekebalan tubuh yang dapat melindungi diri dari risiko terburuk Covid-19.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Kedisiplinan Prokes dan Vaksinasi, Jurus NTB Akhiri Pandemi | Global FM Lombok24 August 2021, 19:41 at 7:41 pm

    […] Juga:Pastikan Prokes Dijalankan, Danrem Ingatkan Agar Kabupaten/Kota Dirikan Posko PPKMAnggota Pramuka Diminta Jadi Pelopor Penerapan Prokes […]

Leave a Reply