Sampai Mei 2021, Remitansi NTB Mencapai Hampir Setengah Triliun

ILUSTRASI – Dana Remitansi ( foto : Istimewa)

Mataram (Global FM Lombok)-  Dari Januari hingga Mei 2021, jumlah remitansi atau kiriman uang dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB ke kampung halamannya mencapai Rp 455 miliar. Dana yang berjumlah hampir setengah triliun ini dikirimkan oleh PMI asal NTB yang bekerja di puluhan negara penempatan.

Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Provinsi NTB, Drs. Muhammad Saphoan dalam rilisnya tanggal 1 Juli kemarin mengatakan, data remitansi yang diterima BPS bersumber dari dua instansi yaitu Bank Indonesia dan PT.Pos Indonesia. Sebab selain dana dikirimkan melalui rekening bank, remitansi itu juga dikirimkan melalui western union dan moneygram yang terjadapat di kantor Pos.

Muhammad Saphoan mengatakan, data remitansi yang berasal dari Bank Indonesia dari Januari – Mei sebesar Rp 125 miliar, sementara data remitansi dari PT.Pos sebesar Rp 329 miliar.  Khusus bulan Mei lalu, remitansi PMI NTB berjumlah Rp 88 miliar dengan rincian Rp 24 miliar dikirim melalui perbankan sementara Rp 64 miliar dikirim melalui PT.Pos.

Selama ini remitansi lebih banyak mengalir ke daerah-daerah yang padat penduduk dan jumlah PMI-nya cukup banyak seperti Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, serta Kabupaten Lombok Barat.Adapun negara asal remitansi yaitu paling besar dari Negara Arab Saudi sebesar Rp 10 miliar khusus di bulan Mei saja, menyusul Negara Uni Emirate Arab sebesar Rp 4,6 miliar, Malaysia Rp 286 juta, Jepang Rp 237 juta dan sejumlah negara lainnya.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply