Sirkuit Balap Sepeda Bertaraf Internasional Meninting Siap Dijajal

Bike Park Meninting Lombok Barat (Global FM Lombok/ist)

Mataram (Global FM Lombok) – Sirkuit balap sepeda bertaraf internasional yang dibangun Kementerian PUPR di Meninting Lombok Barat telah rampung. Dengan rampungnya pembangunan sirkuit balap sepeda yang diberi nama Bike Park Meninting tersebut, maka mulai tahun ini sudah bisa dioperasikan untuk menggelar kejuaraan nasional maupun internasional.

“Makanya dalam kegiatan triathlon Agustus mendatang, peserta akan disinggahkan di situ. Supaya bisa dijajal. Sekarang sudah bisa digunakan. Sudah diuji coba,” kata Kepala Dinas PUPR NTB, H. Sahdan, S.T., M.T. Senin, 24 Mei 2021

Kementerian PUPR telah menyelesaikan penataan kawasan taman bersepeda (bike park) seluas 2,7 hektar di Desa Meninting, Lombok Barat. Penataan kawasan meliputi pembangunan trek sepeda santai, trek BMX, talud kolam, plaza 1 dan 2, trek kayu dan beton, serta pagar keliling.

Lintasan sepeda di taman kota ini diharapkan akan mendorong kreativitas masyarakat dan menggairahkan semangat berolahraga masyarakat di NTB. Selain itu, kawasan ini juga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika – Lombok.

Sahdan mengatakan Kementerian PUPR akan menyerahkan aset yang telah dibangun tersebut ke Pemprov NTB. Nantinya, pengelolaan Bike Park kemungkinan akan diserahkan ke Dinas Pariwisata atau Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

“Kejuaraan balap sepeda sudah bisa dilaksanakan di sana. Kita harapkan dikontrak (dikerjasamakan) dengan pengusaha yang profesional di bidangnya. Karena ini  dapat menjadi sumber PAD,” tandasnya.

Pembangunan Bike Park Meninting dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi NTB dengan pagu anggaran sebesar Rp18,98 miliar. Proyek tersebut dimenangkan PT. Sibawae Angkasa Putra dengan nilai kontrak sebesar Rp17,068 miliar. (nas)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply