Ribuan PMI Pulang Kampung, Pemprov NTB Antisipasi Virus Corona Varian Baru

PMI saat baru tiba di Bandara Lombok (dok)

Mataram (Global FM Lombok) – Hingga April 2021 ini, jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) khusus penempatan negera Malaysia yang pulang ke Provinsi NTB mencapai 6.757 orang. Pemprov NTB tetap melakukan antisipasi penyebaran virus Corona khususnya varian baru yang dikhawatirkan dibawa oleh para PMI.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi kepada Global FM Lombok Senin (26/4) di Mataram. Ia mengatakan, antisipasi yang dilakukan masih seperti biasanya yaitu dengan melakukan karantina terhadap PMI yang pulang ke tanah air sebelum sampai ke kampung halamannya.

Di mana, patugas dari masing – masing kabupaten/kota tetap menjemput PMI ke Bandara Lombok selama dua kali dalam seminggu. Pasalnya, jumlah PMI yang datang yaitu mencapai 170 dalam sekali penjemputan.

“Setahu saya penularan Covid ini masih terjadi. Hal-hal yang dilakukan oleh satgas Covid kan sudah jelas, semua PMI yang datang dikarantina dan dilakukan pemeriksaan, dan kita lakukan treatment sesuai dengan standar yang ada,” kata I Gede Putu Aryadi, Senin (26/4).

Diterangkannya, khusus untuk PMI yang berasal dari lima kabupaten/kota di Pulau Sumbawa dijemput oleh petugas dari Pemprov NTB. Sebelum kembali ke rumah masing – masing, mereka dikarantina terlebih dahulu di Asrama Haji Provinsi NTB.

Tahapan pemeriksaan tetap dilakukan petugas saat melakukan karantina para PMI. Sehingga dipastikan, saat bertemu dengan keluarga tidak terpapar virus Corona. Dirincikan, dari 10 kabupaten/kota di NTB dengan jumlah PMI yang paling banyak pulang kampung berasal dari Kabupaten Lombok Timur yaitu 3.366 orang dan Lombok Tengah 2.289 orang.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply