Percepat Pemeriksaan Covid ke PMI, NTB Siapkan “GeNose” di Dua Pintu Masuk

H.Lalu Hamzi Fikri

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Kesehatan Provinsi NTB sudah menempatkan dua unit GeNose atau alat tes deteksi dini Covid-19 melalui hembusan nafas di pintu masuk ke NTB. Penempatan dua alat pemeriksaan Covid-19 tersebut untuk mempercepat pemeriksaan Covid-19 kepada pengunjung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Lalu Hamzi Fikri Selasa (20/4) di Mataram menerangkan, dua unit GeNose tersebut sudah ditempatkan di Bandara Lombok dan Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Penempatan dua alat pemeriksaan tersebut, untuk mempercepat pemeriksaan khususnya bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang ke NTB.

“Di bandara dan pelabuhan kemarin digunakan, itu saya minta tahap awal agar bisa digunakan untuk PMI yang baru tiba agar bisa lebih cepat di screening-screening-nya itu. Baru dua GeNose. Saya belum cek lagi, namun prioritasnya itu untuk bandara sama pelabuhan,”  kata Lalu Hamzi Fikri Selasa (20/4)

Penempatan GeNose di Bandara Lombok hanya dikhususkan untuk PMI saja dalam mendeteksi Covid-19. Adapun syarat keberangkatan calon penumpang tetap menggunakan rapid test antigen. Berdasarkan jadwal yang ada, PMI yang kembali ke NTB yaitu sebanyak tiga kali dalam seminggu. Dalam sekali kedatangan yaitu mencapai 170 orang.

Ditegaskan dr. Fikri, selain penyiapan fasilitas oleh Pemporv NTB, Pemkot Mataram melalui RSUD Kota Mataram juga sudah memiliki dua buah GeNose. (azm)- 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply