Ribuan PMI NTB Pulang Kampung, Lima Orang Terpapar Virus Corona

PMI yang baru tiba di Bandara Lombok (dok/ist)

Mataram (Global FM Lombok) – Hingga 5 Maret 2021 pekan lalu, jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB yang sudah kembali ke Tanah Air mencapai 3.213 orang. Dari jumlah ini sebanyak lima orang dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, Wismaningsih Drajadiah kepada Global FM Lombok Selasa (9/3) di Mataram. Ia mengatakan, lima orang PMI yang terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona tersebut setelah kembali ke daerah asal. Karena surat hasil pemeriksaan  yang sudah dilakukan di negara asal dinyatakan bebas dari virus tersebut.

Wismaningsih memprediksi, penularan virus Corona terhadap PMI tersebut terjadi saat dalam perjalanan. Namun, ia belum mengetahui daerah mana PMI yang terkonfirmasi positif tersebut berasal. Lima orang PMI yang terpapar sudah kembali ke rumah masing – masing dan sudah dinyatakan sembuh.

“Hanya lima orang saja (yang positif Covid), tidak tahu asal kabupatennya. Dinas Kesehatan yang tahu itu. Tidak sampai 1 persen yang positif. Sebelum berangkat pulang sudah PCR, kalau kita dari Malaysia yang banyak. Baru ketahuan positif. Saya tanya juga kenapa bisa begitu, kemungkinan terjadi di perjalanan katanya,” kata Wismaningsih.

Dirincikannya, ribuan PMI yang kembali ke Provinsi NTB tersebut dari Kota Mataram sebanyak 44 orang, Lombok Barat sebanyak 388 orang, KLU sebanyak 83 orang PMI, Lombok Tengah sebanyak 1.098 orang PMI, dan Kabupaten Lombok Timur sebanyak 1.562 orang.  Sedangkan untuk di pulau Sumbawa, jumlah PMI relatif sedikit jika dibandingkan dengan Pulau Lombok. Di mana, di Kabupaten Sumbawa sebanyak 22 orang, Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak satu orang, Kabupaten Dompu sebanyak tujuh orang, Kota Bima sebanyak lima orang dan Kabupaten Bima sebanyak lima orang.(azm)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply