Bawaslu Temukan 105 Pertemuan Tatap Muka Paslon di NTB Tak Patuhi Prokes

Ketua bawaslu NTB M Khuwailid/Global FM Lombok-ist

Mataram (Global FM Lombok) – Pada masa kampanye pilkada serentak tahun 2020 ini, sebanyak 105 pelaksanaan pertemuan yang dilakukan oleh pasangan calon di tujuh kabupaten/kota ditemukan tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Pelanggaran paling banyak ditemukan di Kabupaten Sumbawa.

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu NTB Muhammad Khuwailid kepada Global FM Lombok Selasa (17/11) di Mataram. Ia mengatakan, jumlah pertemuan yang sudah dilakukan oleh pasangan calon di tujuh kabupaten/kota di NTB hingga 5 November lalu yaitu mencapai 2.981 pertemuan. Dari jumlah tersebut terjadi pelanggaran sebesar 3,5 persen atau sebanyak 105 pertemuan. Bawaslu NTB sudah memberikan 68 teguran tertulis terhadap pelanggaran-pelanggaran tersebut.

Jumlah ini disebut kata Khuwailid, cukup banyak sehingga masing – masing pasangan calon ditekankan harus tetap mematuhi protokol Covid-19 saat melakukan pertemuan dengan masyarakat. Sejauh ini, sanksi yang diberikan berupa sanksi tertulis hingga tidak diperbolehkan melakukan kampanye selama tiga hari berturut – turut.

Ditambahkannya, pelanggaran yang dilakukan pada setiap pertemuan antara lain peserta kampanye tidak menggunakan masker. Selain itu tidak menerapkan jaga jarak serta protokol kesehatan lainnya. Untuk mewujudkan Pilkada yang sehat, masing – masing pasangan calon ditekankan untuk bisa mematuhi protokol kesehatan. Sehingga selama pilkada tidak ada penyebaran Virus Corona. (azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply