Lebih dari Sembilan Ribu PMI Asal NTB Pulang Selama Pandemi

Mataram (Global FM Lombok) – Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Mataram telah mencatat kepulangan 9.072 pekerja asal NTB yang pulang dari 36 negara selama pandemi Covid-19 ini.

BP2MI Mataram mencatat kepulangan para pahlawan devisa ini sejak 1 Januari 2020 hingga 30 September 2020 ini.Kepala BP2MI Mataram, Abri Danar Prabawa mengatakan, pihaknya mendata kepulangan PMI tersebut dari bandara dan pelabuhan.

Jenis PMI yang dicatat BP2MI Mataram ini sebanyak 7.613 habis kontrak/cuti, 712 bermasalah, 25 sakit dan 64 orang lainnya kembali ke kampung halamannya karena meninggal dunia. Adapun berdasarkan status, sebanyak 7.631 adalah PMI legal dan 783 orang adalah PMI ilegal.

PMI yang pulang kampung itu terbanyak bekerja di Malaysia dengan jumlah 5.594 orang. Selebihnya dari negara- negara Timur Tengah dan negara negara Asia dengan jumlah yang berbeda beda. Kepulangan para PMI ini tersebar ke kampung halamannnya di sepuluh kabupaten/Kota di Provinsi NTB.

Melihat sebaran negara penempatan para pekerja migrant Indonesia, Abri mengatakan, pekerja dari Provinsi NTB memiliki kapasitas di luar negeri. Diantaranya yang pulang ini bekerja di kapal pesiar berbendera Amerika. Ada juga yang bekerja di sektor pariwisata. misalnya di Maldives.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply