Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa, Formadiksi Unram Gelar Timdiksi 2020 Secara Online


Kegiatan Temu Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi nasional yang digelar secara online (ist)

Mataram ( Global FM lombok)- Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) Universitas Mataram (Unram) adalah wadah silaturahmi, penampung aspirasi, dan pengembangan potensi mahasiswa Bidikmisi khususnya Universitas Mataram melalui berbagai program kerja yang dimiliki. Salah satunya yakni dengan adanya kegiatan Temu Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi (Timdiksi) nasional.

Dalam siaran pers yang diterima Global FM Lombok, Kamis (18/09), kegiatan ini merupakan program kerja Departemen Prestasi Formadiksi Unram. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi ajang silaturahmi mahasiswa Bidikmisi Unram dengan Universitas lainnya, sarana mengembangkan potensi diri, dan menumbuhkan semangat berdaya saing mahasiswa Bidikmisi se-Indonesia.

Ketua Umum Formadiksi Universitas Mataram, M Fauzin Al Habib mengatakan pelaksanaan Timdiksi nasional 2020 bertepatan dengan satu dekade Bidikmisi berdiri. Tema dari Timdiksi Nasional 2020 yaitu “Mahakarya Satu Dekade Bidikmisi Menuju Indonesia Emas 2045” yang digelar dari tanggal 10 September-14 September 2020.

Rencana awal, kegiatan ini adalah akan dilangsungkan secara offline, namun karena adanya pandemi Covid-19 panitia pelaksana memutuskan untuk melaksanakannya secara online melalui Platform Zoom serta disiarkan langsung melalui Instagram @timdiksi2020 dan Youtube Formadiksi Unram.  Walaupun demikian, rangkaian acara tersebut tidak terlalu berbeda dari sebelumnya dan tetap mengutamakan terjalinnya silaturahmi serta menghadirkan esensi temu semua mahasiswa Bidikmisi se-Indonesia yang mengikuti kegiatan.

Adapun rangkaian acara Timdiksi nasional 2020 antara lain opening ceremony, perayaan satu dekade Bidikmisi, Bidikmisi awards bagi mahasiswa dan alumni Bidikmisi, seminar nasional, perlombaan karya tulis ilmiah, perlombaan kisah inspiratif seluruh mahasiswa Bidikmisi se-Indonesia, dan malam penganugerahan.

Dalam perlombaan karya tulis ilmiah bertemakan “Kontribusi Mahasiswa Bidikmisi Sebagai Agent of Change Dalam Mengembangkan IPTEK dan Sumber Daya Guna Mewujudkan Generasi Emas 2045” dan kisah inspiratif  bertemakan “Terimakasih Bidikmisi Satu Dekade Menginspirasi” diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang tersaring menjadi 20 tim finalis KTI dari 13 universitas.

Hari pertama (Kamis, 10 september 2020) dilaksanakan opening ceremony, perayaan satu dekade Bidiksmisi, Bidikmisi awards bagi mahasiswa dan alumni Bidikmisi serta seminar nasional. Pada opening ceremony dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Pembina Formadiksi, Kasubag bagian kesejahteraan mahasiswa, juri setiap cabang lomba, alumni Bidikmisi, para nominasi Bidikmisi awards, dan organisasi mahasiswa (Ormawa) Universitas Mataram yang bertempat di Ruang Sidang Senat lantai 3 Universitas Mataram. Sedangkan para finalis setiap cabang lomba mengikuti kegiatan secara online melalui Flatform Zoom.

“Pelaksanaan Timdiksi Nasional 2020 cukup spesial dari tahun sebelumnya, karena menghadirkan dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa Bidikmisi berprestasi Universitas Mataram. Tujuan dari pelaksanaan Timdiksi ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan kecakapan serta kreativitas mahasiswa Bidikmisi dalam bidang kepenulisan” Ujar ketua panitia Timdiksi 2020, Muh.Hamzani dalam laporan ketua panitia saat pembukaan Timdiksi Nasional 2020.

M Fauzin Al Habib mengatakan pada tahun 2020 ini menjadi momen istimewa karena genap 10 tahun atau satu dekade Bidikmisi berdiri sehingga kegiatan Timdiksi 2020 dirangkaikan dengan peringatan satu dekade Bidikmisi serta menghadirkan bapak Bidikmisi yang telah mencetuskan Bidikmisi dan membuat orang-orang yang sebelumnya tidak berani untuk bermimpi mampu menunjukan kepada dunia bahwa mereka bisa menjadi pemimpin masa depan.

“Oleh karenanya ketika satu abad berdirinya Indonesia ini pada tahun 2045 diharapkan mahasiswa Bidikmisi ini bisa menjadi jawaban atau harapan Indonesia. Di tahun 2020 ini menjadi akhir dari Bidikmisi yang akan digantikan dengan KIP kuliah dan Bidikmisi sangat berarti untuk kita karena berkat beasiswa tersebut kita hadir , kuliah disini serta mampu mewujudkan cita-cita yang  terpendam karena kondisi ekonomi.” ujarnya.

Selain itu dalam sambutan yang disampaikan, wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni Universitas Mataram, Prof. Dr.Ir. Enny Yuliani, M.Si mengatakan bahwa Bidikmisi telah memberikan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi. Serta menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang produktif dan mandiri.

Di bagian akhir pelaksanaan kegiatan, dilaksanakan pengumuman juara lomba karya tulis ilmiah dengan  kategori juara 1, juara 2, juara 3, best paper, best presentation, dan best poster. Sedangkan kategori lomba kisah inspiratif yaitu, juara 1, juara 2, juara 3, dan video kreatif.

Untuk lomba karya tulis ilmiah, juara 1 sekaligus menjadi best paper diraih oleh mahasiswa Bidikmisi Universitas Airlangga dengan ketua tim Dewi Masluqiah, juara 2 mahasiswa Bidikmisi Universitas Jember dengan ketua tim Alvin Arbiansyah, juara 3 mahasiswa Bidikmisi Universitas Mataram dengan ketua tim Alan Maulana Karisma, best presentation diraih mahasiswa Bidikmisi Universitas Brawijaya dengan nama ketua tim Ahmad Fahrudin Husein, dan best poster diraih mahasiswa bidikimisi Universitas Udayana dengan ketua tim Veronica Ayu Dwi Atmaja.

Adapun pada lomba kisah inspiratif juara 1 diraih oleh Natayya Yulaita dari Universitas Lampung, Juara 2 diraih oleh Kamiyatein dari Universitas Jambi, juara 3 diraih oleh Belila Mega Utari dari Universitas Negeri Semarang , dan video kreatif diraih oleh Heri Suprianto dari Stia Setih Setio Muara Bungo.(ris/r)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply