Gubernur NTB Tegaskan MotoGP Mandalika Digelar Oktober 2021

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah (dok)

Praya (Global FM Lombok)-Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menegaskan gelaran balap MotoGP Mandalika bakal digelar bulan Oktober tahun 2021 mendatang. Semua persiapan yang dibutuhkan saat ini terus dilakukan guna mensukseskan event internasional tersebut. Terutama kesiapan kawasan The Mandalika, dengan pembangunan sirkuit MotoGP-nya.

“Oktober tahun depan, kawasan The Mandalika jadi tuan rumah MotoGP,” tegas Dr. H. Zuklieflimansyah dihadapan Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., usai panen pedet (anak sapi) di Desa Barabali Kecamatan Batukliang Lombok Tengah (Loteng), Sabtu (22/8) kemarin.

Menjawab sejumlah keraguan dari beberapa kalangan prihal kepastian pelaksaan event MotoGP, Gubernur NTB mengatakan, keberadaan kawasan The Mandalika dengan event MotoGP-nya telah membuat NTB dan Loteng pada khususnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Bahkan, pemerintah pusat telah menjadikan Loteng sebagai top priority destination yang harus dikawal proses pembangunannya.

Artinya, tidak ada yang perlu diragukan terkait pengembangan kawasan The Mandalika maupun pembangunan fasilitas event MotoGP-nya. Karena pemerintah pusat turun tangan langsung mengawal pengembangan kawasan tersebut. “The Mandalika adalah etalase Indonesia. Jadi pemerintah pusat sangat serius mengembangkan kawasan ini,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT. Menurutnya, jika ada pihaknya yang meragukan soal rencana pembangunan sirkuit MotoGP dan gelaran event MotoGP itu berarti pihak tersebut belum tahu kondisi di lapangan. Bahwa, semua proses pembangunan sudah berjalan sesuai rencan yang ada.

“Yang meragukan event MotoGP itu berarti tidak tahu kondisi di lapangan,” sebutnya. Memang masih ada persoalan lahan yang belum tuntas. Tetapi itu sampai menghalangan atau menghambat proses pembangunan sirkuit. Sembari pembangunan berjalan, persoalan lahan secara bertahap juga diselesaikan.

“Kalau soal gelaran event MotoGP sendiri, ITDC sudah menandatangani kontrak dengan penyelenggaran selama 10 tahun. Jadi apalagi yang perlu diragukan,” timpal mantan Ketua DPRD NTB ini.

Sebelumnya, Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, mengatakan proses pembangunan sirkuit MotoGP di kawasan The Mandalika masih terus berjalan. Dengan capaian pembangunan secara keseluruhan sudah mencapai 40 persen. Sehingga ditargetkan bulan Juni 2021 mendatang, pembangunan sirkuit tersebut sudah rampung.

Ditegaskannya, meski tengah ada pandemi Covid-19, pengerjaan proyek sirkuit MotoGP Mandalika tetap berjalan. Seluruh proses pengerjaan proyek Sirkuit Mandalika dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang dikeluarkan Pemerintah. “Kami pastikan hingga saat ini proses pembangunan Sirkuit Mandalika terus berlangsung dan berjalan sesuai timeline yang direncanakan,” pungkas Abdulbar. (kir)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply