Gubernur Datang Melayat, Mantan Bupati Lobar Dimakamkan di Kuripan

Gubernur NTB, H.Zulkieflimansyah didampingi istri, Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah saat melayat ke kediaman almarhum H.L.Mudjitahid. (ist)

Mataram (Global FM Lombok)- Begitu tiba di Mataram dari  kunjungan kerjanya di Pulau Sumbawa, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi istri langsung menuju kediaman almarhum Drs. H. Lalu Mudjitahid, Minggu (2/8) . Sesampainya di kediaman almarhum, Gubernur langsung melaksanakan salat jenazah di Masjid Hidayatul Mukhtar, Kuripan, Lombok Barat.

Setelah salat jenazah, Gubernur kemudian menemui keluarga almarhum yang tidak terlalu jauh dari masjid dengan berjalan kaki. Gubernur menyampaikan pujiannya atas kebaikan almarhum selama hayatnya.

Gubernur menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya almarhum yang juga merupakan Walikota Administratif Mataram pertama. ‘’Kami merasa kehilangan, beliau orang baik,’’ ujarnya.

Gubernur berharap akan ada orang yang seperti H.Mudjitahid ke depannya yang sangat peduli terhadap daerah dan terus berkarya demi masa depan bangsa.

Dimakamkan di Kuripan

Seperti diketahui, Bupati Lobar ke-enam, Drs. H. Lalu Mudjitahid meninggal dunia pada Sabtu, 1 Agustus 2020 sekitar pukul 15.10 Wita di RSUD NTB. Bupati Lobar periode 1989-1999 ini menghembuskan nafas terakhir di usia 82 tahun, setelah menjalani penanganan intensif di RSUD NTB lebih dari seminggu.  Beliau mulai dirawat intensif di ruang isolasi RSUD NTB sekitar tanggal 19 Juli 2020.

Kabar meninggalnya mantan Bupati Lobar yang dikenal dengan gerakan Jumat Bersih ini disampaikan oleh anaknya, L. Anas Amrullah. Anas menyampaikan, ayahanda tercintanya telah meninggal dunia pada Sabtu, 1 Agustus 2020.

Salat jenazah dan pemakaman dilaksanakan pada Minggu, 2 Agustus 2020. Dengan rangkaian Salat Jenazah dilakukan pukul 08.00 Wita di Masjid Hidayatul Mukhtar, Kuripan, Lobar. Pemakaman dilaksanakan pukul 10.00 Wita di Makam Keluarga Desa Kuripan Lombok Barat.

Semasa hidupnya, H. L. Mudjitahid telah mendedikasikan diri di banyak bidang. Selain memimpin Lombok Barat, ia juga merupakan sosok yang menjadi Walikota administratif Mataram pertama. Baik di Lombok Barat maupun Mataram, almarhum dikenal sebagai pemimpin yang merakyat. Gerakan Jumat Bersih merupakan salah satu terobosan yang menjadikan daerah yang dipimpinnya mengalami kemajuan.

Di luar politik, H. Lalu Mudjitahid juga aktif di banyak bidang. Dari pendidikan, kesehatan hingga gerakan koperasi. Ia  aktif mendorong tumbuhnya gerakan koperasi melalui Dekopinwil NTB. Lewat Dekopinwil pula, ia aktif mengkampanyekan perlawanan terhadap praktik rentenir yang kerap menjerat masyarakat kecil di NTB.

Selain itu, H. L. Mudjitahid juga merupakan salah satu tokoh Sasak yang berpengaruh. Ia  juga aktif di Masyarakat Adat Sasak (MAS) untuk memajukan budaya dan adat istiadat masyarakat Sasak. Di MAS, ia didaulat menjadi Pemucuk Wali Paer Majelis Adat Sasak. (her/ron/aan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply