Jelang Idul Adha, Lapak Penjualan Hewan Kurban Makin Menjamur

Salah satu titik penjualan kambing di Kota Mataram (azm/global fm lombok)

Mataram (Global FM Lombok) – Tim pemeriksaan hewan kurban Dinas Pertanian Kota Mataram sudah turun melakukan pemeriksaan hewan kurban sejak minggu lalu. Jumlah lapak pedagang hewan kurban di Kota Mataram makin menjamur jelang  pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, H. Mutawalli kepada Global FM Lombok Selasa (28/7) di Mataram mengatakan, hingga saat ini jumlah lapak pedagang hewan kurban di Kota Mataram tercatat sebanyak 57 lapak. Dalam sehari penambahan lapak penjualan di Kota Mataram mencapai lima hingga sepuluh titik. Adapun jumlah hewan kurban untuk kambing yang tersedia sebanyak 1. 812 ekor dan sapi sebanyak 81 ekor.

“Ada 57 titik. Ya itu dah banyak. Dalam sehari muncul lima, sepuluh. Dari Lombok Tengah, Lombok Timur,”katanya

Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan, tim belum menemukan adanya hewan kurban dalam keadaan sakit. Biasanya, penyakit yang kerap kali ditemukan pada hewan kurban yaitu sakit mata. Namun sejauh ini, hewan kurban yang dijual di puluhan lapak yang ada dalam kondisi siap dikurbankan.

“Masih normal – normal saja. Tidak ada yang sakit, karena yang dibawa ini bagus – bagus. Hingga tadi pagi saya dapat laporan belum ada yang serius,”katanya.

Selain memeriksa kondisi hewan kurban kata Mutawalli, tim Dinas Pertanian Kota Mataram juga memastikan ketersediaan fasilitas cuci tangan di masing – masing lapak. Setelah melakukan pemeriksaan, banyak ditemukan lapak penjualan hewan kurban yang tidak menyiapkan fasilitas tersebut. Padahal penyiapan fasilitas cuci tangan dan penggunaan masker merupakan protokol Covid  – 19 yang harus diterapkan.

Dengan temuan tersebut, tim meminta agar semua lapak menyiapkan fasilitas tersebut, agar penerapan protokol Covid – 19 tetap berjalan. ”Itu temuan kita. Makanya kita sudah paksa kemarin. Yang baru – baru datang ini yang belum. Kalau ada yang awalnya belum punya sekarang sudah punya,”katanya.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply