Selasa Depan, Ratusan Pedagang di Pasar Kebon Roek Akan di Swab

Pedagang pasar di Kebon Roek akan menjalani swab (Global FM Lombok/dok)

Mataram (Global FM Lombok) – Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Pemerintah Kota Mataram akan melakukan tes swab kepada para pedagang yang ada di Pasar Kebon Roek Selasa (28/7) pekan depan. Hal ini dilakukan karena sudah ada empat orang pedagang di pasar tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi kepada Global FM Lombok Jum’at (24/7) di Mataram. Ia menyebutkan, jumlah pedagang di pasar yang akan di rapid tes yaitu sebanyak 300 orang. Tes swab yang akan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona ke pedagang yang lain maupun kepada pengunjung pasar. Karena berdasarkan dari penelusuran yang dilakukan, empat orang yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona tertular di Pasar Kebon Roek.

 “Rencana hari Selasa. Tracing itu ya kita periksa, kita swab. Ada 300. Mau kita satu gerakan itu selesai. Tidak kita cicil – cicil sudah hari itu kita selesaikan semua. Kita tunggu hasil,” katanya.

Ditambahkan dr. Eka, tes swab yang akan dilakukan ini akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan petugas di pasar dan para pedagang yang ada. Sehingga kedatangan petugas nantinya tidak membuat kepanikan di tengah pasar. Karena tes swab ini untuk kepentingan bersama.

“Tadi kita sudah menyepakati polanya untuk masuk pasar. Kita jamak – jamaknya kita akan  bersurat. Kemudian kita umumkan, agar pasar itu tahu. Kita modelnya itu tidak menggerebek itu. Kita ngasih tahu bahkan kita akan melakukan ini (tes swab red),”katanya

Jumlah petugas yang akan dilibatkan untuk melakukan tes swab yaitu sebanyak 12 orang. Karena untuk memaksimalkan penanganan Covid – 19, Dinas Kesehatan sudah memberikan pelatihan kepada petugas swab. Dimana, jumlah swaber atau petugas swab di masing – masing  kabupaten/kota yaitu sebanyak 12 orang.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, H. Fathurrahman mengatakan, tes Swab ini penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di pasar. Jumlah petugas yang akan dilibatkan pada tes swab ini cukup banyak.(azm)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply