JPS Gemilang Tahap Ketiga Sudah Tersalur Sekitar 40 Persen

Saat pembagian JPS tahap III di Dompu (ist)

Mataram (Global FM Lombok) – Pendistribusian paket  Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang tahap ketiga sudah mencapai sekitar 40 persen. Daerah yang belum didistribusikan paket bantuan tersebut hingga saat ini hanya Kota Mataram.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTB, H. Ahsanul Khalik kepada media Jum’at (17/7) di Mataram. Ia mengatakan, saat ini pendistribusian paket JPS Gemilang masih dilakukan di Kabupaten Sumbawa dan KSB. Sementara untuk Kota Mataram akan mulai dilakukan pada Senin pekan depan.

“Data terpadu kesejahteraan sosial dan itu sampai hari kemarin (Kamis- red) sudah didistribusi 29,5 persen. Insya Allah hari ini, karena Sumbawa kemudian Sumbawa Barat juga mulai didistribusikan. Kecuali Kota Mataram Senin. Maka persentase pendistribusian untuk masyarakat melalui desa – desa hari ini bisa diatas 40 persen,”katanya

Ditegaskannya, jika isi dalam paket bantuan tersebut ada yang tidak layak konsumsi, maka penerima diminta untuk melaporkannya kepada petugas dan langsung akan diganti.

“Kalau masyarakat penerima barang – barang pada paket JPS itu tidak layak konsumsi segera kembalikan. Laporkan kepada petugas kita dilapangan dan itu wajib diganti oleh penyedia barang,”ujarnya.

Data penerima yang digunakan untuk penyaluran bantuan ini merupakan data sebelumnya. Kecuali ada penggantian penerima yang dilakukan oleh pihak pemerintah desa.

“Data pada tahap kedua itu kita pakai pada tahap ketiga ini. Kecuali kepala desa bersama perangkat desa minta untuk dilakukan penggantian, maka  kita lakukan penggantia,”ungkapnya

Dalam penyaluran JPS Gemilang ini, Dinas Sosial melakukan pengawasan agar tepat sasaran. Karena berdasarkan data yang ada, jumlah penerima pada JPS Gemilang tahap ketiga ini yaitu sebanyak 120 ribu KK yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Dari jumlah ini, Pemda tidak saja mendistribusikan kepada rumah tangga melainkan juga para PKL dan pekerja yang terkena PHK karena terdampak pandemi Covid-19.

Dirincikan, jumlah penerima JPS Gemilang tahap ketiga yiatu di Kota Mataram sebanyak 2.696 KK, Kabupaten Lombok Barat sebanyak 10.918 KK, Kabupaten Lombok Tengah 15.997 KK, Kabupaten Lombok Utara sebanyak 4.079 KK, Kabupaten Lombok Timur sebanyak 42.788 KK. Sedangkan untuk di pulau Sumbawa misalnya di Kota Bima sebanyak 1.947 KK, Kabupaten Bima sebanyak 14.637 KK, Dompu sebanyak 7.840 KK, Kabuapten Sumbawa sebanyak 6.694 KK, Sumbawa Barat sebanyak  2.535 KK.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply