Tiga Bulan Tutup Karena Corona, Pemda Lobar Resmi Buka Tempat Wisata


Dispar Lobar resmi membuka tempat wisata taman Narmada (Suara NTB/her)

Giri Menang (Global FM Lombok)-Pemda Lombok Barat (Lobar) sudah resmi membuka kembali lokasi pariwisata di daerah ini. Kepala Dinas Pariwisata Lobar H. Saiful Ahkam mengatakan dalam mengoperasionalkan usahanya, para pengelola usaha diwajibkan menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya.

Hal itu ditegaskan dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 594/22/Dispar/2020 tentang Penetapan Protokol Pelaksanaan Usaha Pariwisata dalam Transisi New Normal Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Lombok Barat.

“Hari ini pariwisata di Lombok Barat resmi kita buka dengan protokol sebagai alat ukur kita,” kata Ahkam saat menyerahkan SK Bupati kepada para pengelola destinasi wisata se-Kecamatan Narmada di Taman Narmada, Selasa (23/6) kemarin.

Ahkam menjelaskan, pemerintah tidak memungkiri akan adanya risiko terhadap dibukanya kembali sektor pariwisata di tengah kondisi saat ini. Tidak semua usaha pariwisata diizinkan beroperasi saat ini. Usaha-usaha seperti SPA, Gym, dan karaoke belum diperbolehkan beroperasi.

“Kondisi Lombok Barat saat ini berada pada zona kuning. Karena itu kita diwarning oleh Pemerintah Provinsi NTB untuk ketat. Jangan sampai kita justru menjadi kluster baru penyebaran Covid-19. Untuk itu kedisiplinan penerapan protokol kesehatan harus kita mulai dari para pelaku dulu,” tegasnya.

Diizinkannya usaha pariwisata untuk beroperasi kembali disambut baik para pelaku wisata. Pengelola Taman Narmada, Kamarudin misalnya usai menerima SK Bupati, pihaknya langsung melakukan sterilisasi area Taman Narmada agar keesokannya dapat langsung beroperasi.

“Alhamdulillah, begitu mendengar sudah boleh dibuka, kita langsung segar. Kita (Taman Narmada, red) besok ( Hari ini-red)  mulai buka. Hari ini kita full untuk melakukan penyemprotan, dan menyiapkan peralatan. Kabar ini juga sudah ditunggu-tunggu para pedagang didepan area Taman Narmada. Karena secara tidak langsung mereka terkena imbasnya juga,” lanjutnya.(her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply