Setelah Sempat Melonjak Naik, Harga Daging Kembali Normal

Penjualan daging sapi di pasar (Global FM Lombok/dok)

Mataram (Global FM Lombok) – Harga kebutuhan pokok pada H + 3 Hari Raya Idul Fitri kembali normal. Misalnya harga daging sapi normal kembali menjadi Rp 125 ribu per kg dari yang sebelumnya mencapai Rp 150 ribu per kg, terutama pada H – 1 Hari Raya Idul Fitri lalu.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, H. Fathurrahman mengatakan, kenaikan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri kemarin disebabkan karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi. Namun, kenaikan harga daging sapi setiap tahun ini akan menjadi bahan evaluasi Dinas Perdagangan dan Satgas Pangan. Selain karena permintaan tinggi, apakah kenaikan harga tersebut juga dipengaruhi oleh keterbatasan stok atau tidak, hal itu akan dikaji lagi.

“Kenaikan harga ini terjadi secara situasional atau pada hari – hari tertentu. Namun diharapkan tidak bertahan lama,”ungkapnya

Fathurrahan mengatakan, Provinsi NTB juga menerima daging impor. Kedatangan daging impor tersebut untuk bisa menekan harga di pasar. Namun jumlah daging yang masuk ke NTB diklaim tidak terlalu banyak. Apalagi pada masa pandemi Covid 19, daya beli masyarakat sudah mulai turun dan beberapa retail modern ditutup sementara.

Diterangkannya,  fluktuasi harga kebutuhan pokok di pasar sangat di pengaruhi oleh persediaan. Namun, kenaikan harga daging ini juga biasanya tidak berlangsung lama. Berbeda dengan kebutuhan pokok yang lain seperti gula. (azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply