Sejumlah Rumah Sakit di NTB Dapat Bantuan APD dari DPR

Penyerahan bantuan APD dari DPR RI dan DPRD NTB ke RSUD NTB (ist)

MATARAM (Global FM Lombok) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memberikan apresiasi atas kepedulian nyata pihak Satgas Lawan COVID-19 DPR RI dan DPRD NTB yang telah menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di NTB.

“Kami (Pemprov NTB) berterimakasih dan mengapresiasi sikap kepedulian nyata dari Satgas Lawan COVID-19 DPR RI, khususnya Satgas Lawan COVID-19 DPRD NTB yang telah membantu tenaga medis pada enam RSUD di NTB dengan menyalurkan APD,” kata Gubernur NTB melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy S.Sos, MM, Rabu (6/5/2020)

Menurut dia, aksi ini juga sekaligus membuktikan bahwa sinergi maupun kolaborasi aktif pemerintah daerah bersama DPRD sangat baik dalam memerangi COVID-19 di NTB secara bersama-sama.

Menyikapi situasi dan kondisi saat ini, kolaborasi serta kekompakkan menjadi hal penting untuk di fokuskan bersama. Sehingga upaya pencegahan maupun penanganan COVID-19 di NTB dapat berjalan maksimal.

“Kolaborasi, kompak, saling mendukung adalah hal yang terpenting dalam menyikapi situasi dan kondisi saat ini. Dengan bersama saling menguatkan dan saling bantu, maka Insya Allah kita bisa melewati (ujian) ini,” ujar Najammudin.

Ia juga berharap agar bantuan tersebut tidak selesai sampai di situ saja. Karena upaya bersama masih sangat dibutuhkan. Terlebih dengan situasi dan kondisi daerah saat ini.

Ia mengaku, tingkat kesadaran maupun kepatuhan sebaian masyarakat NTB sudah cukup baik dalam mengikuti anjuran pemerintah. Namun demikian masih banyak juga warga yang terkesan menggampangkan atau mengabaikan anjuran pemerintah dalam hal protokol kesehatan untuk menghindari COVID-19.

“Untuk itu, mari kita bersama terus bergerak bersama melakukan sosialisasi serta edukasi terhadap masyarakat agar mentaati imbauan pemerintah,” ajaknya.

“Tetap waspada, diam di rumah, tetap gunakan masker, jaga jarak, dan mari kita tingkatkan pola hidup bersih dan sehat dalam rangka memutus matarantai penyebaran corona. Ini semua demi kebaikan bersama,” lanjut Najamuddin.

Satgas Lawan COVID-19 Sasar Enam RSUD di NTB

Sebelumnya, Satgas Lawan COVID-19 DPR RI dan Satgas Lawan COVID-19 DPRD NTB menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk enam rumah sakit di provinsi dalam membantu tenaga medis memerangi wabah Corona Virus Disease 2019.

Koordinator Satgas COVID-19 DPRD NTB Sambirang Ahmadi mengatakan, sejak di launching beberapa waktu lalu, pihaknya telah melakukan kunjungan ke sejumlah rumah sakit rujukan dalam rangka pengawasan kesiapan dan proses penanganan pasien COVID-19.

Ternyata, kata dia, ditemukan rata-rata rumah sakit mengkhawatirkan keterbatasan APD dan penunjang lainnya yang mereka miliki, sementara grafik positif COVID-19 di NTB terus meningkat.

“Kondisi inlah yang kami laporkan ke Satgasnas (Satgas Nasional) DPR RI. Alhamdulillah, Satgas Lawan COVID-19 DPR RI langsung merespon dan mendrop bantuannya sejumlah 6 box yang terdiri-dari baju APD sebanyak 300, kaca mata googles 120, masker medis 6000, dan alat Rapid Test 150,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/5/2020) kemarin di Mataram.

Menurut Sambirang, bantuan Satgas DPRI tiba hari Minggu (3/5) dan Senin langsung bagi-bagi tugas untuk pendistribusiannya ke enam sasaran rumah sakit. Di antaranya empat rumah sakit di Pulau Lombok dan dua di Pulau Sumbawa.

Untuk di Pulau Lombok telah disepakati penyaluran APD ke RSUD Provinsi di Mataram, RSUD R. Soedjono Selong Lombok Timur, RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat, dan RSUD Lombok Tengah.

“Yang sudah disalurkan itu baru tiga rumah sakit, yaitu RSUD NTB, RSUD Lombok Timur dan RSUD Lombok Tengah. Untuk yang lainnya menyusul,” ungkapnya.

“Kemudian yang di Pulau Sumbawa akan diserahkan ke RSUP Manambai (RSMA) di Sumbawa, dan RSUD Kabupaten Bima,” terang Sekretaris Fraksi PKS DPRD NTB tersebut.

Sambirang menambahkan, yang sudah dilakukan penyerahan pada hari Senin, adalah penyerahan bantuan ke RSU Provinsi di Mataram yang dipimpin TGH Mahally Fikri dan ke RSUD Lombok Tengah dipimpin Lalu Satriawandi.

Penyerahan bantuan ke RSUD Selong dipimpin Abdul Hadi dan pada Rabu (6/5) ini dilanjutkan penyerahan bantuan ke RSUD Lombok Barat yang akan dipimpin Hasbullah Muis.

“Sedangkan, untuk penyerahan bantuan ke Kabupaten Bima akan dipimpin Mori Hanafi, sedangkan ke RS Manambai Sumbawa akan dipimpin saya sendiri,” ucap Sambirang.

“Kami berterima kasih kepada Satgas Lawan Covid 19 DPR RI yang peduli dan responsif terhadap aspirasi kami di daerah. Semoga kita juga tetap mendapatkan droping bantuan tahap berikutnya, karena semua rumah sakit baik yang rujukan utama maupun yang second line telah melakukan register permohonan bantuan ke satgas pusat,” demikian ujarnya.

Atas bantuan itu, pihak rumah sakit pun mengucapkan terimakasih kepada Satgas Lawan COVID-19 DPR RI, khususnya Satgas Lawan COVID-19 DPRD NTB. Direktur RSUD Provinsi NTB, H Lalu Hamzi Fikri yang dikonfirmasi, Selasa malam (5/5/2020) kemarin membenarkan adanya bantuan tersebut.

“Alhamdulillah bantaun APD yang di berikan oleh Satgas Lawan COVID-19 DPR beberapa hari yang lalu sudah kami terima. Tentunya kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas perhatian Satgas kepada kami tenaga medis khususnya di RSUD Provinsi,” ucapnya.

“Insya Allah, bantuan ini bentuk atensi yang besar bagi kami, sangat bermanfaat bagi kami yang tengah berjuang di tengah pandemi ini,” imbuh Hamzi Fikri.

Dengan adanya tambahan bantuan APD dari Satgas Lawan COVID-19 DPR ini pula masih kata dia, diprediksikan persediaan APD jadi lebih panjang. Yakni bisa digunakan satu hingga dua bulan kedepan.

“Kami berharap kedepannya, semoga tetap ada support bantuan berikutnya, terutama N95. Karena terbatas dan persediaan kami kurang dari satu bulan,” kata Direktur RSUD NTB.

“Semoga bantuan ini manjadi amal terbaik di hadapan Allah SWT dan kami semua berharap pandemi ini segera berlalu. Tentunya dengan dukungan dari semua pihak untuk menjalankan aturan yang telah dingariskan oleh pemerintah,” tambahnya.

Terpisah, sebagai salah satu penerima bantuan lainnya, ucapan serupa juga diungkapkan Direktur RSUD Soedjono Selong, yaitu Tantowi Jauhari. Pihaknya mengucapkan terimakasih serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Satgas Lawan COVID-19 DPR.

Menurut dia, bantuan tersebut sangat bermanfaat. Terlebih bagi para tim medis yang ada di RSUD dr Soedjono Selong agar aman dan lancar dalam memberikan pelayanan sekaligus menjalankan tugasnya. “Kami ucapkan terimakasih banyak atas perhatian nyata yang ditunjukkan oleh Satgas Lawan COVID-19 DPR kepada kami,” ucap Tantowi Jauhari.

Meski persediaan APD terbilang cukup dibarengi support anggaran yang ada di pihaknya saat ini, bukan berarti kata dia, tidak membutuhkan bantuan dari semua pihak. Malah ia sangat berharap bantuan kedepan dapat terus tersalurkan.

“Dari sisi persediaan (APD) sejauh ini bisa dikatakan cukup. Tapi kami berharap bantuan-bantuan serupa bisa terus disalurkan sebagai support nyata bersama dalam memerangi COVID-19 ini, terutama bagi rekan-rekan tenaga medis,” tutup Tantowi Jauhari.(ris/r)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply