Perayaan Waisak Patuhi Standar Covid-19, Umat Buddha di Lobar Gelar Ibadah di Rumah

Ketua Majelis Buddhayana Indonesia, Nasib,SH (Suara NTB/her)

Giri Menang (Global FM Lombok) – Umat Budha di Lombok Barat (Lobar) merayakan hari raya Waisak pada Kamis tanggal 7 Mei 2020 ini. Pada perayaan hari raya Waisak kali ini umat Budha pun tetap mematuhi standar covid-19 dengan menggelar ibadah di rumah masing-masing yang dipandu oleh beberapa biksu dari vihara melalui pengeras suara serta media lainnya.

Nasib,SH selaku Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Kabupaten Lombok Barat mengatakan dalam rangka Waisak, segala kegiatan peribadatan agama Buddha yang mengundang kerumunan masa ditiadakan.

“Kami (Umat Buddha) sembahyang atau puja bakti di rumah dan dipandu oleh beberapa Pandita dari vihara melalui Pengeras suara dan media lainnya,”katanya Nasib kepada Suara NTB.

Hal ini kata dia sejalan dengan imbauan Sangha Agung Indonesia dan Majelis Buddhayana Indonesia yang pada intinya meminta umat Buddha meniadakan segala kegiatan keagamaan Buddha dalam rangka Waisak yang menimbulkan kerumunan orang banyak. Umat Buddha lanjut dia mematuhi imbauan Pemerintah, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, sering cuci tangan dan kegiatan sesuai dengan standar covid-19.

Dalam peringatan Waisak kali ini lanjut dia, banyak kegiatan keagamaan Buddha yang ditiadakan.  Diantaranya, sebulan memeriahkan Waisak, Puja Bakti, pengambilan tirta Waisak, penyambutan detik detik Waisak dan Dharmasanti waisak. Namun hal itu tak mengurangi makna dari peringatan Waisak yang mengangkat tema Mawas Diri dan Toleransi Jaga Keharmonisan Bangsa tersebut. Untuk diketahui umat Budha di Lobar mencapai lebih dari 2000 jiwa. (her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply