Putus Mata Rantai Covid, Sejumlah Daerah di NTB Terapkan Kebijakan Semi PSBB

Sekda NTB H.Lalu Gita Ariadi ( dok)

Mataram (Global FM Lombok)-Sejumlah Kabupaten/kota di NTB yang sudah menjadi transmisi lokal belum bisa menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun lebih memilih Pembatasan Sosial Berskala Lingkungan (PSBL) atau bisa disebut sebagi semi PSBB. Pasalnya, penerapan kebijakan PSBB harus melakukan kajian dengan melihat dampak sosial ekonomi di tengah masyarakat serta ketersediaan anggaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB H. Lalu Gita Ariadi mengatakan, saat ini Kota Mataram sudah mulai menerapkan PSBL dan direncanakan diresmikan pada tanggal 6 Mei ini. Sementara untuk Kabupaten Lombok Barat juga mengeluarkan kebijakan yang sama yaitu Pembatasan Sosial Berbasis Dusun (PSBD). Sedangkan Kabupaten Lombok Timur sudah mulai melakukan pembatasan aktifitas dengan menutup beberapa ruas jalan.  Penerapan PSBL dan PSBD ini akan disesuaikan dengan kondisi di masing – masing daerah.

 “ Dari berbagai uraian, Kota Mataram misalnya terus memonitor perkembangan dan dalam mengantisipasi itu tidak menggunakan PSBB, namun PSBL atau Pembatasan Sosial Berbasis Lingkungan. Kalau PSBB kan perlu pengkajian betul dari aspek sosial ekonomi, termasuk sumber daya dan anggaran,” kata Lalu Gita Ariadi, Senin (4/5)

Ditambahkan Sekda, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan kabupaten/kota yang lain di daerah ini untuk menerapkan hal yang sama dan tetap memperhatikan perkembangan penyebaran COVID 19. Penanganan yang serius harus terus dilakukan oleh pemerintah daerah karena kasus positif Virus Corona di NTB terus terjadi penambahan. Data per 3 Mei kemarin, jumlah warga yang dinyatakan positif Virus Corona yaitu mencapai 268 kasus.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply