Putus Mata Rantai Corona, Contact Tracing Terus Dilakukan Gugus Tugas

H. Lalu Gita Ariadi

Mataram (Global FM Lombok)- Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di NTB, Tim Gugus Tugas Pemprov NTB terus berupaya melakukan contak tracing atau pelacakan terhadap semua orang yang pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif corona. Hingga Minggu (19/04) malam kemarin, jumlah penderita positif corona sebanyak 72 orang.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB H.Lalu Gita Ariadi mengatakan, pada Minggu kemarin ada 11 tambahan kasus baru terkonfirmasi positif Corona, sehingga  jumlah pasien positif corona di Provinsi NTB sebanyak 72 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 11 orang sudah sembuh, empat meninggal dunia, serta 57 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Ia mengatakan, banyak populasi berisiko yang sudah diperiksa dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT) yang meliputi Tenaga Kesehatan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG), serta Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) terutama yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 387 tenaga kesehatan telah diperiksa dengan hasil 8 orang (2,1%) reaktif, 815 ODP/OTG diperiksa dengan hasil 52 orang (6,4%) reaktif, dan 1.078 PPTG perjalanan Gowa Makassar diperiksa dengan hasil 273 orang (25,3%) reaktif, serta PPTG perjalanan Bogor diperiksa 7 orang dengan hasil 2 orang reaktif. Semua orang dengan hasil RDT reaktif dilanjutkan pemeriksaan swab sebagai standar pemeriksaan laboratorium untuk penegakan diagnosa Covid-19.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply