JPS Gemilang Diluncurkan, 105 Ribu Paket Sembako Mulai Disebar

Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah saat menyarahkan paket sembako secara simbolis kepada salah seorang warga, Kamis (16/04)

Mataram (Global FM Lombok)- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah secara resmi meluncurkan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang Kamis (16/4) pagi. JPS Gemilang yang diberikan kepada masyarakat miskin dan warga yang terdampak pandemi corona sebesar Rp 250 ribu dalam bentuk  paket sembako.

Peluncuran program JPS ini ditandai dengan penyerahan paket sembako kepada perwakilan kelompok penyandang disabilitas. Isi paket sembako yang diberikan pemerintah Provinsi NTB yaitu beras, minyak goreng, masker, susu kedelai, telur, minyak kayu putih dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut  Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengatakan, JPS Gemilang yang diluncurkan oleh Pemprov NTB ini dengan mendukung produk – produk lokal.  Hal ini dilakukan agar di tengah penyebaran Covid 19 ini, Industri Kecil Menangah yang ada di NTB bisa tetap bekerja. 2

“Memanfaatkan momen ini dengan sebaik – baiknya, agar momen kesulitan ini kita juga bisa pakai untuk mendorong perekonomian masyarakat kita. Itu mengapa bantuan – bantuan juga didorong untuk menggunakan produksi dalam NTB. Sehingga melalui program ini ada juga multiplier efek peningkatan ekonomi masyarakat kita,”kata Wagub. 

Ditambahkan Wagub, bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak saja melalui program JPS Gemilang, namun juga bersumber dari pemerintah pusat dalam bentuk Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Tidak itu saja, Pemda masing – masing kabupaten/kota juga memiliki program dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid- 19. Diharapkan, bantuan yang akan diberikan ini bisa tepat sasaran. Pemerintah desa diminta untuk melakukan validasi data penerima.

“Kan ada banyak jenis bantuan di Indoensia ini, ada PKH, ada BPNT, kemudian ada juga bantuan yang diinisiasi oleh provinsi  dan ada bantuan yang diinisasi oleh kabupaten. Selain itu ada juga kartu prakerja. Bagaimana cara kita agar seluruh bantuan ini bisa diteriam tepat sasaran. Oleh karena itu pendataan ini menjadi PR besar kita,”ujarnya.

Jumlah bantuan paket sembako yang akan diberikan Pemprov NTB yaitu sebanyak 105 ribu paket. Di mana, nilai paket tersebut sebesar Rp 250 ribu. Bantuan ini akan diberikan selama tiga bulan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply