Data Penerima Bantuan Sembako JPS Gemilang Diprediksi Bertambah

Peluncuran JPS Gemilang pada Kamis (16/04) di halaman RRI Mataram

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Sosial Provinsi NTB memprediksi, jumlah penerima Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang akan bertambah. Namun untuk tahap pertama ini, Pemprov NTB hanya akan membagikan kepada 105 ribu KK saja. Bantuan ini akan diberikan selama tiga bulan kedepan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Wismaningsih Drajadiah Kamis (16/4) di Mataram mengatakan, pada pertengahan April ini bantuan paket sembako disalurkan kepada warga yang ada di Kota Mataram. Penyalurannya melalui kecamatan dan kemudian diserahkan kepada masyarakat. Alasan Pemporv NTB tidak membagikan secara serentak, karena data yang ada di daerah lain masih banyak yang belum valid.

Wismaningsih mengatakan, mestinya verifikasi dan validasi data penerima bantuan sudah harus dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Namun hingga kini masih adakabupaten/kota yang belum melakukannya. Sehingga data yang digunakan saat ini dinilai merupakan data lama. Karena Pemprov NTB juga belum berani memberikan bantuan jika data penerima belum valid. 2

“Jadi bersama pihak ketiga kami langsung penyaluran ini di Kota Mataram. Langsung nanti ke keluarahan. Hanya sekarang ini di Kota Mataram masih mempersiapkan jadi akan dilakukan bertahap. Kalau hari ini sampai ke kecamatan dulu. Sebenarnya kami mengharapkan verifikasi itu sudah jauh – jauh sekali dari bulan Februari sudah diminta. Data itu belum juga dilakukan oleh desa. Tapi  Kota Mataram yang sudah melakukan musykel semuanya,”Kata Kepala Dinas Sosial NTB, Kamis (16/04)

Dirincikan, data penerima JPS Gemilang  per kabupaten/kota yaitu data desil 1,2 dan 3 sebanyak 73 ribu KK terdiri dari Kota Mataram sebanyak 1.868 KK, Lombok Barat 6.398 KK, Lombok Tengah 11.780 KK, Lombok Timur 28.817 KK dan Lombok Utara 2.827 KK. Sementara untuk Kabupaten Sumbawa 3.937 KK, Sumbawa Barat 1.757 KK, Dompu  5.434 KK, Bima 8.838 KK dan Kota Bima 1.344 KK.

Puluhan ribu KK yang mendapatkan bantuan ini, merupakan warga yang tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah pusat baik PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Tidak saja masyarakat miskin, bantuan JPS Gemilang juga menyasar kelompok masyarakat serta dunia usaha yang terdampak Covid-19. Adapun jumlah masyarakat sektor formal dan informal serta dunia usaha yang terdampak COVID-19 yaitu sebanyak 32 ribu KK.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply