Kabar Baik, Mulai Hari Ini RSUD NTB Sudah Bisa Periksa Swab Pasien PDP Corona


Tim Unit Riset Biomedik RSUD NTB sedang melakukan aktivitas pemeriksaan sampel swab (istimewa)

Mataram (Global FM Lombok)- Untuk kali pertama Provinsi NTB bisa dan diizinkan melakukan pemeriksaan sampel swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona atau Covid-19. Sebelumnya, sambel swab PDP kasus corona yang  dirawat di sejumlah rumah sakit di NTB dikirim ke laboratorium Litbangkes Kemenkes di Jakarta atau Surabaya.

Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri mengatakan, Unit Riset Biomedik RSUD NTB pada Senin (6/04/2020) hari ini  secara faktual telah menerima dan melakukan pemeriksaan sampel swab PDP corona. Sampel swab dikirim dari rumah sakit tempat PDP menjalani perawatan, baik itu di RSUD NTB sendiri atau dari rumah sakit lainnya yang sudah ditunjuk.

“Rumah sakit telah mengatur tenaga pemeriksa dari pagi sampai jam 21.00 Wita untuk menyelesaikan pemeriksaan sampel. Hal ini bertjuan untuk memaksimalkan fungsi alat rt-PCR sesuai sumberdaya yang kita miliki,” terang Lalu Hamzi Fikri dalamn siaran persnya.

Selanjutnya hasil pemeriksaan akan disampaikan ke Litbgangkes Kementerian Kesehatan RI di Jakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB sesuai dengan ketentuan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) NTB I Gede Putu Aryadi mengatakan, sesuai komunikasinya dengan Direktur RSUD NTB, saat ini sedang memeriksa lima sampel.” Dan targetnya hari ini sebanyak 30 sampel. Tenaga laboratorium sudah disipakan dua ship untuk menghindari kelelahan petugas,” katanya.(ris)  

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply