Hari Ini Ada Dua Warga Lotim Positif Corona, Keduanya Pernah Kontak dengan Pasien Pertama

Petugas medis sedang melakukan pemeriksaan sampel swab di RSUD NTB (Diskominfotik NTB/RSUD NTB)

Mataram (Global FM Lombok)- Kasus positif corona atau covid-19 di Provinsi NTB kembali bertambah. Pada Senin (6/04) malam ini, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTB mengkonfirmasi dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dinyatakan positif corona. Mereka semuanya berasal dari Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Sekda NTB yang juga Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTB H.Lalu Gita Ariadi merincikan, penderita positif Covid-19 pertama dengan nomor pasien 09, atas nama Ny. NM, perempuan, usia 28 tahun, penduduk Kabupaten Lotim.

Pasien ini memiliki riwayat kontak erat dengan pasien nomor 01 atau pasien yang pertama kali diumumkan positif corona pada bulan Maret kemarin. Dalam 14 hari terakhir sebelum sakit, pasien tidak pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19. Saat ini pasien sedang dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan kondisi baik.

Selanjutnya, penderita positif Covid-19 kedua dengan nomor pasien 10, atas nama Tn. MI, laki-laki, usia 41 tahun, penduduk Kabupaten Lotim. Pasien ini juga memiliki riwayat kontak erat dengan

pasien nomor 01. Dalam 14 hari sebelum sakit, pasien ini juga tidak pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan kondisi baik.

“Dengan adanya tambahan dua kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini maka jumlah pasien positif Covid-19 di NTB sampai hari ini (6/4/2020) sebanyak sepuluh orang,” Kata Lalu Gita Ariadi dalam siaran persnya, Senin (6/04/2020) malam ini.

Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan pasien-pasien yang bersangkutan.

Sekda mengatakan, laboratorium RSUD Provinsi NTB sebagai rumah sakit rujukan pemeriksaan Covid-19 telah mulai melakukan pemeriksaan terhadap sampel PDP dari rumah sakit jejaring. Selanjutnya hasil dari pemeriksaan sampel tersebut akan dilaporkan ke Litbangkes RI di Jakarta.

“BNPB juga telah mengirimkan 1.900 buah APD Coverall dan 7000 buah masker bedah sehingga diharapkan kebutuhan APD untuk rumah sakit dan puskesmas dapat tercukupi dalam minggu ini,” tambahnya.

Ia meminta kepada semua masyarakat untuk tetap tenang, selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply