Produsen Masker di Desa Selagik Lotim Kini Kebanjiran Pesanan

Proses pembuatan masker kain yang dikerjakan oleh masyarakat di Desa Selagik Kecamatan Terara. Masker pesanan Pemkab Lotim ini akan dibagikan ke masyarakat secara gratis. (Global FM Lombok/ist)

Selong (Global FM Lombok) – Keberadaan Desa Selagik, Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur (Lotim) saat ini menjadi sorotan. Pasalnya, Desa Selagik yang mayoritas penduduknya bergelut di bidang konveksi ini mendapat orderan atau pesanan pembuatan masker dalam jumlah besar. Kondisi tersebut menyusul merebaknya pandemi virus corona (Covid-19).

Dikonfirmasi Minggu (5/4), Kepala Desa Selagik Kecamatan Terara, Hamdan Firdaus, A.Md, mengaku bersyukur atas pesanan masker yang diterimanya dalam jumlah yang cukup banyak. Saat ini proses pembuatan masker yang dilayani sebanyak 500 ribu lembar masker yang dipesan oleh Pemkab Lotim ditambah pesanan dari 239 desa di Lotim dengan jumlah masing-masing 1000 lembar masker. “Saat ini proses pengerjaan masih berjalan terutama pesanan dari Pemkab Lotim sebanyak 500 ribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat,”terangnya.

Baca Juga :
Mantap, Loteng Akan Produksi Dua Juta Masker dengan Melibatkan UKM

Untuk merealisasikan orderan masker ini, Hamdan Firdaus mengatakan, pemerintah desa memberdayakan seluruh masyarakat setempat terutama yang memiliki mesin jahit maupun yang memiliki keterampilan menjahit. Maka dari itu, dipastikannya bahwa kualitas masker yang diproduksi dari Desa Selagik cukup aman digunakan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam memenuhi orderan pesanan masker dari Pemda Lotim maupun dari luar, pihaknya mendatangnan kain dari Surabaya terutama bagi pesanan dalam jumlah besar. Sementara untuk orderan yang standar, bahannya didatangkan dari Kota Mataram. Peningkatan pesanan pun berkisar antara 90-100 persen. “Insya Allah semua orderan mampu kita selesaikan sehingga kita berani mengambil orderan partai besar,”ungkapnya.

Baca Juga :
Cegah Corona, Lobar Mulai Berlakukan Jam Malam

Sebelumnya, Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy.,MM mengungkapkan Pemda Lotim saat ini menargetkan sejuta masker untuk dibagikan ke masyarakat sebagai APD dalam mencegah penularan virus corona. Saat ini, kata dia, penyediaan masker dalam proses pembuatan di Desa Selagik Kecamatan Terara yang mayoritas penduduknya bergerak di usaha konveksi. Pemesanan masker dari lokal inipun, kata Bupati, sebagai upaya dalam membantu usaha yang dikembangkan oleh masyarakat.

  “Saya meminta supaya masker kita pesan dari lokal, jangan ada yang dari luar. Kita berdayakan dan membantu IKM-IKM kita sendiri, seperti di Desa Selagik,”terang Bupati. (yon)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Mantap, Loteng Akan Produksi Dua Juta Masker dengan Melibatkan UKM | Global FM Lombok6 April 2020, 08:39 at 8:39 am

    […] By: Global FMOn: 5 April 2020, 20:47 Mantap, Loteng Akan Produksi Dua Juta Masker dengan Melibatkan UKMReviewed by Global FMonSunday, April 5th, 2020.This Is Article AboutMantap, Loteng Akan Produksi Dua Juta Masker dengan Melibatkan UKMPraya (Global FM Lombok) – Sebanyak 2 juta masker siap diproduksi oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Masker-masker tersebut nantinya akan diperuntukan dan dibagikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Loteng. Dengan asumsi, setiap orang akan memperoleh dua lembar masker untuk dipergunakan sebagai pelindung diri selama masa siaga darurat penanganan covid-19. Untuk memproduksi masker tersebut, Pemkab […]PrevNext […]

Leave a Reply