Cara Kreatif Pemuda di Mantang Cegah Penyebaran Virus Corona


Lingkar Pemuda Rajumas di Mantang membagi ember untuk cuci tangan (foto ; ist)

Mataram (Global FM Lombok)- Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah potensi penyebaran virus corona atau COVID-19 di NTB, salah satunya dengan mengkampanyekan cuci tangan dengan sabun. Sekelompok Pemuda di Dusun Rajumas, Desa Mantang, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah membagi-bagikan ember yang sudah dimodifikasi ke dusun-dusun yang lain untuk mencuci tangan.

Kepala Dusun Rajumas atau Mantang II, Lalu Jaya kepada Global FM Lombok mengatakan, pihaknya bersama Lingkar Pemuda Rajumas membuat wadah cuci tangan karena warga semakin khawatir dengan penyebaran virus corona yang sangat cepat. Terlebih di NTB sudah terdapat dua warga yang positif corona, sehingga masyarakat harus membiasakan diri hidup bersih, salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

 “ Supaya masyarakat lebih sadar akan kebersihan, membiasakan cuci tangan, kan ini bagian dari anjuran pemerintah juga. Memang kita harus membiasakan masyarakat itu, paling tidak  saat akan makan atau lain sebagainya harus cuci tangan dulu.Siapapun tamu yang masuk ke dusun juga harus cuci tangan dulu,” kata Lalu Jaya, Kamis (26/03)

Ia menuturkan, anak-anak juga dibatasi  bermain di luar wilayah dusun, sehingga dibuat kegiatan agar mereka betah di dalam dusun. Ini juga bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus corona. “ Banyak balita hingga anak usia 10 tahun masih main tanah, makanya kami pasang ember cuci tangan agar mereka tetap bersih,” katanya.

Saat ini, ember yang dibagi ke masyarakat masih terbatas yaitu masing-masing lima buah ember untuk 10 dusun di Desa Mantang. Dia berharap dusun yang lain bisa menambah jumlah fasilitas cuci tangan untuk masyarakat tersebut dan di tempatkan di ruang-ruang publik.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply