Dinas Dukcapil Kota Mataram Akhirnya Dapat 5.000 Keping Blangko

Ilustrasi Blangko E-KTP (Global FM Lombok/tirto)

Mataram (Global FM Lombok) – Pada Januari kemarin, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sudah mendapatkan 5.000 keping blangko Elektronik dari pemerintah pusat. Sehingga pencekatan KTP Elektronik di Dinas Dukcapil Kota Mataram sudah mulai berjalan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Chaerul Anwar kepada Global FM Lombok Rabu (5/2) di Mataram. Ia mengatakan, dari 5.000 keping blangko yang diberikan oleh pemerintah pusat, saat ini masih tersisa hanya 1.000 keping. Ribuan keping blangko yang diberikan pemerintah tersebut diprioritaskan untuk masyarakat yang sudah merekam pada bulan April 2019 lalu.

“Sudah tidak ada kosong – kosong sekarang. Sudah terealisasi sekarang. Tapi tidak sampai dengan yang kita butuhkan. Terakhir kemarin orang di kasih 2.000 keping tapi kita di kasih 5.000 keping. Ya kita prioritaskan untuk suket yang diterbitkan bulan April. Tapi tidak itu saja. Ada masyarakat yang ganti status, pindah domisili dan lainnya. Makanya sekarang sisanya tinggal seribu keping,”ujarnya.

Baca Juga : Blangko KTP-El Masih Limit, Dinas Dukcapil Kota Mataram Tetap Terbitkan Suket

Jumlah yang diberikan tersebut diakui Chaerul masih jauh dari kebutuhan. Pasalnya, jumlah suket serta masyarakat Kota Mataram yang sudah merekam mencapai 12 ribu. Sehingga dengan kekurangan tersebut, pihaknya akan kembali untuk mengajukan permintaan blangko KTP Elektronik kepada pemerintah pusat.

”Minggu – minggu ini kita akan mengajukan lagi kepada pemerintah pusat,”ungkapnya

Sementara terkait dengan jumlah blangko yang akan diajukan kembali, Pemkot Mataram akan menyesuaikan dengan persediaan yang ada. Menurutnya, persediaan blangko KTP di pemerintah pusat belum normal. Sehingga jatah yang diberikan kepada daerah masih dibatasi yaitu hanya 2 ribu keping.

Baca Juga : Dugaan Pungli dan Calo, Disdukcapil Loteng Didemo Warga

“Belum normal secara nasional. Jadi nanti kita akan sesuaikan dengan persediaan yang ada di pemerintah pusat. Beberapa waktu lalu itu, pemerintah pusat sudah meminta kepada setiap daerah berapa kebutuhannya terhadap blangko KTP eletronik,”kata mantan Kasat Pol PP Kota Mataram.(azm)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Isi Sensus Penduduk Secara Online, Begini Caranya | Global FM Lombok18 February 2020, 09:03 at 9:03 am

    […] Baca Juga : Dinas Dukcapil Kota Mataram Akhirnya Dapat 5.000 Keping Blangko […]

Leave a Reply