Siap Siap, Event Bau Nyale Tahun Ini Dipindah ke Pantai Tanjung Aan

Kadispar dan Pemda Loteng saat menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait dengan event Festival Pesona Bau Nyale 2020 (Global FM Lombok/ris)

Praya (Global FM Lombok) – Selama ini lokasi utama perayaan Festival Bau Nyale selalu digelar di Pantai Seger. Bahkan Pantai Seger sudah identik dengan perayaan Bau Nyale yang dilakukan dari generasi ke generasi. Namun tahun ini, perayaan Festival Pesona Bau Nyale akan dipusatkan di Pantai Pantai Tanjung Aan. Puncak acara akan berlangsung tanggal 14 – 15 Februari 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Lalu Moh Faozal bersama dengan Pemkab Lombok Tengah serta puluhan stakeholder terkait mengikuti rapat persiapan Festival Pesona Bau Nyale yang bertempat di Kampus Poltekpar Lombok, Kamis (30/1). Dalam rapat koordinasi tersebut diungkap sejumlah alasan mengapa lokasi tradisi tahunan ini pindah lokasi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Lalu Moh Faozal mengatakan, salah satu alasan bergesernya lokasi event ini karena di wilayah Pantai Seger sedang dipenuhi oleh tumpukan material untuk pembangunan MotoGP. Selain material, akses jalan menuju ke Pantai Seger juga sedang dibenahi sehingga tidak memungkinkan dilewati oleh kendaraan atau masyarakat dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : Lokasi Puncak Event ‘’Bau Nyale’’ Digeser ke Tanjung A’an

Setelah munculnya keputusan pindahnya lokasi utama Festival Pesona Bau Nyale ke Pantai Tanjung Aan, tantangan yang dihadapai yaitu lokasi tersebut harus secepatnya sudah bersih. Artinya tidak ada lagi area semak belukar yang berpotensi mengganggu jalannya acara.”Mudah-mudahan Pak Menpar yang langsung hadir di acara puncak Festival Bau Nyale ini nanti. Kita upayakan,” kata Faozal.

Sementara itu Asisten II Setda Lombok Tengah H Nasrun dalam kesempatan itu mengatakan, Bupati Loteng bersama dengan manajemen ITDC dan kepolisian sudah menggelar pertemuan terkait dengan hal ini. Pertimbangan Bupati kata Nasrun yaitu pindahnya lokasi Bau Nyale ke Pantai Tanjung Aan untuk keselamatan pengunjung. Karena jalan raya menuju Seger dimulai dari jalan utama sudah tidak ada yang beraspal, karena semuanya sudah ditimbun tanah untuk kesiapan sirkuit MotoGP.

“Dikhawatirkan jalanan akan becek dan licin jika dilalui, termasuk kiri kanan jalan menuju Seger sebagian besar sudah berlubang, sedang dibuatkan parit untuk kesiapan sirkuit MotoGP. Rencana pemindahan acara puncak Bau Nyale sudah dibicarakan sejak tahun 2019 lalu sebenanrnya, itu permintaan ITDC,” terangnya.

Meski puncak acara dipindah ke Pantai Tanjung Aan, masyarakat yang ingin menangkap nyale, tetap bisa di ke Pantai Seger karena sudah menjadi tradisi.” Tidak ada istilahnya Seger itu ditutup. Hanya kegiatan utama di pantai Aan,” tambahnhya.

Baca Juga : Lokasi Puncak Event ‘’Bau Nyale’’ Digeser ke Tanjung A’an

Menurut Kadispar NTB, Festival Pesona Bau Nyale menjadi event pembuka secara nasional dan ditunggu oleh banyak pihak. Event ini ditunggu lantaran sudah masuk dalam Wonderful Event yang menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Event ini menjadi event pemanasan di Indonesia, karena seluruh event di tahun 2020 ini memiliki tema yang sama yaitu Road to MotoGP 2021. Kita memiliki 16 event tahun 2020 dan itu akan jalan terus sampai Desember mendatang,” kata Faozal.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Tradisi Belancaran Masyarakat Pesisir Selatan Lombok Ramaikan Event Bau Nyale | Global FM Lombok11 February 2020, 10:25 at 10:25 am

    […] Baca Juga : Siap Siap, Event Bau Nyale Tahun Ini Dipindah ke Pantai Tanjung Aan […]

Leave a Reply