Turunkan Kemiskinan, Gubernur Minta Koordinasi dengan TKSK Diperkuat

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah didampingi Kadis Sosial, menerima Forum Komunikasi TKSK NTB. Gubernur mengarah untuk memperkuat koordinasi dengan TKSK dalam mempercepat pelaksanaan program unggulan. (Global FM Lombok/ndi)

Mataram (Global FM Lombok) – Sejak dibentuk tahun 2009 oleh Kementerian Sosial RI, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se- Provinsi NTB, pada tahun 2020 ini sudah genap berusia 10 tahun. TKSK ini mendampingi dan menangani 26 jenis penyandang kesejahteraan sosial di masing-masing wilayah kerjanya.

Namun dalam pelaksanaan tugas dan fungsi itu, TKSK masih memiliki sejumlah kendala yakni keterbatasan sarana dan prasarana moda transportasi dalam menjangkau para penyandang kesejahteraan sosial, khususnya yang tinggal di daerah-daerah terpencil. Mengingat di sejumlah wilayah kecamatan di NTB, tidak semua tempat dapat ditempuh dengan mudah mengingat kondisi medan yang berbeda-beda.

Karena itulah, dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan TKSK kepada masyarakat. Forum Komunikasi TKSK Provinsi NTB berharap ada dukungan dari pemerintah Provinsi NTB untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam mendampingi dan menangani para penyandang kesejahteraan sosial tersebut.

“Tugas dan fungsi TKSK ini sangat luas dan banyak sekali. Harapan kita kepada pak Gubernur supaya kebijakan kepada TKSK, berupa dukungan sarana dan prasarana. Karena itu jadi hambatan kita dalam bergerak mendukung program pemerintah Provinsi untuk mengentas kemiskinan. Sementara jarak tempuh dari sutu Desa dengan desa yang lain itu cukup jauh, sementara kita tidak punya fasilitas kendaraan,” ujar Sekretaris Forum Komunikasi TKSK NTB, Jumedan Hasyri kepada Global FM Lombok, yang ditemui usai diterima hearing dengan Gubernur NTB, Sabtu (18/1).

Baca Juga : Labelisasi Rumah Warga Miskin Tunggu Dana CSR

Disampaikan Jumedan, dalam hearing dengan Gubernur, pihaknya memaparkan keberadaan dan apa yang menjadi tugas-fungsi dari TKSK. Pada kesempatan itu, Gubernur berkomitmen untuk menggandeng TKSK dalam pelaksanaan program-program Pemprov terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial dan pengentasan kemiskinan.

“Selama ini Pemda tidak tahu apa itu TKSK. Setelah kita sampaikan kepada Pak Gubernur, alhamdulillah ada respons yang luar biasa. Setelah Pak Gubernur mengenal apa itu TKSK, beliau memerintahkan jajarannya untuk memperkuat koordinasi dengan TKSK dalam pelaksanaan program-program unggulan pemerintah Provinsi,” ujarnya.

TKSK pun akan langsung segera membangun komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait untuk menindaklanjuti arahan dari Gubernur tersebut. Supaya segera terjalin kolaborasi antara TKSK dengan Pemprov NTB dalam menangani penyadang kesejahteraan sosial di NTB, dan mempercepat upaya penurunan angka kemiskinan. “Kita diminta jalin komunikasi dan koordinasi dengan Pemda, dan segera akan kita lakukan,” ujar Ketua Forum Komunikasi TKSK NTB, Muzzakalah menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, T. Wismaningsih yang mendampingi Gubernur saat menerima TKSK NTB mengatakan bahwa Pemprov NTB akan mulai menggandeng TKSK dalam program dan kegiatan-kegiatan pemerintah, terutama program yang menyangkut pengentasan kemiskinan.

Baca Juga : Persentase Penduduk Miskin Turun 0,07 Persen, Masyarakat NTB Tetap Mampu Bertahan Pascagempa

“Paling penting sekali, Bapak Gubernur mengetahui keberadaan mereka dan mengetahui peran dan fungsinya. Beliau sangat responsif, dan disampaikan tadi pada saat Gubernur kunjungan ke lapangan nanti, jadi yang ditemui pertama untuk mendampingi Pak Gubernur adalah teman-teman dari TKSK,” ujarnya.

Disampaikan Kadis Sosial, setelah melihat program TKSK, ternyata tidak hanya sebatas mendampingi penyadang kesejahteraan sosial, tetapi TKSK juga memiliki inovasi program yang berkaitan langsung dengan sejumlah program unggulan Pemprov NTB. Misalnya seperti zero waste dan NTB hijau.

Karena itu Gubernur memberi arahan untuk memperkuat kolaborasi dan koordinasi dengan teman-teman TKSK. Dengan harapan terjalin kerjasama yang lebih kuat lagi, dengan memberikan dukungan sarana dan prasarana yang bisa mempercepat pelayanan mereka kepada masyarakat, karena jagkaunnya sangat luas,” pungkasnya. (ndi/*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Meniru Kampung Inggris Pare, Wisata Edukasi, Investasi dan Kencangnya Geliat Ekonomi | Global FM Lombok20 January 2020, 11:59 at 11:59 am

    […] Baca Juga : Turunkan Kemiskinan, Gubernur Minta Koordinasi dengan TKSK Diperkuat […]

Leave a Reply