PKB Eliminasi Kandidat yang Punya Cacat Moral

Global FM Lombok/dok

Mataram (Global FM Lombok) – DPW PKB NTB telah menuntaskan penyampaian visi-misi kandidat bakal calon yang sudah mendaftar di tujuh kabupaten/kota di NTB yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari penuh itu, merupakan bagian dari proses internal PKB dalam melakukan penjaringan kandidat yang bakal mereka usung.

Ketua tim penjaringan DPW PKB NTB, Makmun, Senin (13/1) menyampaikan ada tiga hal yang disoroti dalam proses penyampaian visi dan misi tersebut. Yakni pertama soal integritas calon, kedua terkait daya dukung kandidat yang bersangkutan dan ketiga soal strategi pemenangan. “Soal integritas ini menyangkut moral figur, kita tidak mau mengusung figur yang secara moral memiliki cacat. Lebih baik kami eliminasi sekarang dari pada dia terungkap nanti sesudah menjadi calon, berat itu,” tegasnya.

Terkait daya dukung calon, PKB memastikan bahwa calon yang bersangkutan memiliki potensi dukungan yang luas. Baik dari masyarakat maupun dari partai politik. Kepastian dukungan dari partai lain ditekankan, lantaran PKB tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri, tetapi harus berkoalisi dengan partai lain, dan untuk mencari tambahan partai lain itu menjadi tugas calon.

“Kita memastikan bagaimana komunikasi mereka dengan parpol lain, jangan sampai hanya didukung PKB saja tapi ndak ada partai lain yang mendukung. Mengapa itu kita tekankan karana kita punya pengalaman Pilkada dulu, pada menit terakhir ternyata tidak ada dukungan dari partai lain. Karena itu kita minta calon itu sendiri pastikan dukungan dari partai lain,” paparnya.

Baca Juga : Sembilan Balon Kepala Daerah Bersaing Rebut Dukungan PKB

“Selanjutnya soal strategi pemenangannya seperti apa. Karena kami juga akan lihat tingkat elektabilitasnya. Kami pastikan itu karena kami tidak mau mengusung figur yang asal daftar saja hanya untuk meramaikan, itu dipastikan tidak akan proses lebih lanjut,” sambungnya.

Setelah pihak memiliki penilaian dari tiga poin tadi, baru DPW PKB kemudian akan mengirimkan nama-nama tersebut ke DPP untuk mengikuti proses penjaringan selanjutnya. Sedangkan bagi figur yang tidak berkesempatan untuk hadir menyampaikan visi dan misinya, mereka akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan ke DPP, meskipun peluangnya sangat kecil.

“Kami melakukan proses ini supaya nama-nama yang akan kami kirim ke DPP itu tidak mentah. Sehingga kami dalami dulu di sini, supaya bisa menjadi pertimbangan DPP dalam memberikan rekomendasi dukungan. Sambil kita padukan dengan hasil survei yang dilakukan oleh DPP,” kata Makmun.

Baca Juga : Gunakan Mahar Politik, Parpol dan Calon Terancam Tak Bisa Ikut Pilkada

Sementara itu terkait kader, PKB memang memberikan prioritas utama kepada kader. Akan tetapi dalam kebijakan untuk mengusung calon, PKB juga harus realistis. Dimana meskipun kader sendiri yang maju, akan tetapi daya dukungnya rendah, maka PKB tidak akan memaksakan diri untuk konyol.

“Semua punya peluang yang sama, baik kader maupun non kader. Meskipun kader ada prioritas, pada akhirnya tingkat keterpilihan yang menentukan. Seperti apa daya dukung yang dimiliki, meskipun kader tapi daya dukungnya kecil, maka tidak bisa kita paksakan. Karena prinsipnya kami di Pilkada 2020 ini kita harus menang,” pungkasnya. (ndi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Figur Muda Ramaikan Pilkada Loteng | Global FM Lombok18 January 2020, 11:48 at 11:48 am

    […] Baca Juga : PKB Eliminasi Kandidat yang Punya Cacat Moral […]

Leave a Reply