Nasdem, PDIP, Hanura Sepakat Koalisi

Pimpinan tiga parpol, Partai Nasdem, PDI Perjuangan dan Partai Hanura, berfoto bersama usai kesepakatan koalisi bersama inisiator koalisi, M. Samsul Qomar, di Praya, Rabu (8/1). (Global FM Lombok/kir)

Praya (Global FM Lombok) – Tiga partai politik (parpol) masing-masing Partai Nasdem, PDI Perjuangan dan Partai Hanura sepakat membangun koalisi bersama, untuk mengusung pasangan calon kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lombok Tengah (Loteng). Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh pimpinan partai politik bersangkutan, di Praya, Rabu (8/1). Selanjutnya, koalisi akan mulai menggodok siapa calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Loteng mendatang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Loteng, Suhaimi, S.H., saat memberikan keterangan pers, mengatakan, kalau kesepakatan untuk membangun koalisi sudah lama dibicarakan dan didiskusikan bersama. Ini menandakan kalau kesepakatan koalisi tersebut sudah benar-benar matang. “Dari beberapa kali pertemuan dan diskusi, akhirnya kita sepakat untuk membangun koalisi bersama. Untuk menghadapi gelaran Pilkada Loteng mendatang,” tegasnya.

Koalisi tiga parpol itu memiliki tujuh kursi, masing-masing Partai Nasdem, empat kursi, PDI Perjuangan satu kursi dan dua kursi milik Partai Hanura. Artinya, masih butuh tambahan minimal tiga kursi lagi, untuk bisa mengusung pasangan calon kepala daerah di Pilkada Loteng mendatang, sehingga komunikasi politik dengan partai politik lainnya masih akan terus dibangun.

Baca Juga : KPU Loteng Butuh PPK Berintegritas dan Melek IT

“Koalisi tidak hanya cukup dengan partai politik ini saja. Masih ada peluang koalisi dengan partai politik lainnya,” ujar Sekretaris DPD Partai Nasdem Loteng, Ahmad Samsul Hadi, di tempat yang sama. 

Bahkan koalisi yang diinisiatif oleh M. Samsul Qomar, kader Partai Demokrat Loteng itu, ujarnya, sudah memiliki 13 kursi, karena ada partai politik lain yang sebenarnya sudah siap ikut berkoalisi. Tetapi belum bisa hadir untuk ikut menandatangani kesepakatan koalisi bersama ini. Jadi karena yang hadir baru tiga parpol, maka bisa dikatakan baru tiga parpol saja yang sudah sepakat berkoalisi.

Disinggung calon kepala daerah yang akan diusung oleh koalisi parpol tersebut, Ketua DPC Partai Hanura Loteng, M. Fihirudin, mengatakan prosesnya masih digodok dimasing-masing parpol. Setelah itu baru akan digodok di tingkat koalisi baru kemudian ditentukan calon kepala daerah yang diusung.

Baca Juga : KPU Loteng Mulai Gencar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2020

Calon kepala daerah yang diusung nantinya, bisa calon kepala daerah saja bisa juga pasangan calon kepala daerah. Tergantung potensi calon kepala daerah yang ada. “Kan masing-masing partai koalisi sudah ada calon-calon kepala daerah yang mendaftar ikut seleksi. Bisa jadi, di koalisi ini kita akan pasangkan calon kepala daerah yang ada,” sebutnya.

Menurutnya, koalisi yang dibangun ini ingin membuat tradisi politik baru. Kalau selama ini, calon kepala daerah yang menyatukan parpol. Tapi sekarang parpol-lah yang menyatukan pasangan calon kepala daerah sekaligus ingin menghilangkan kesan kalau parpol-parpol yang ada di Loteng sudah dikunci oleh beberapa figur saja. (kir)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

3 Komentar

  1. Akhirnya PDIP Resmi Tidak Akan Mencalonkan Husni Djibril di Pilkada Sumbawa | Global FM Lombok15 January 2020, 10:11 at 10:11 am

    […] Baca Juga : Nasdem, PDIP, Hanura Sepakat Koalisi […]

  2. Sembilan Balon Kepala Daerah Bersaing Rebut Dukungan PKB | Global FM Lombok13 January 2020, 08:45 at 8:45 am

    […] Baca Juga : Nasdem, PDIP, Hanura Sepakat Koalisi […]

  3. Gunakan Mahar Politik, Parpol dan Calon Terancam Tak Bisa Ikut Pilkada | Global FM Lombok10 January 2020, 09:02 at 9:02 am

    […] Baca Juga : Nasdem, PDIP, Hanura Sepakat Koalisi […]

Leave a Reply