Harga Ayam, Tomat, Cabai dan Bawang Naik Signifikan

Pedagang ayam di Pasar Kebon Roek Mataram (Global FM Lombok/bul)

Mataram (Global FM Lombok) – Sejak memasuki tahun baru, harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan signifikan. Kenaikan harga terjadi karena faktor musim, ada juga karena klaim kurangnya produksi. Beberapa di antara kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan signifikan di pasaran ini diantaranya, daging ayam broiler, tomat, cabai, dan bawang.

Imin, seorang ibu rumah tangga di Kota Mataram kaget seteleh berbejala kebutuhan dapur. Tomat yang biasanya dibeli seharga Rp5.000 sekilo, tiba-tiba saja harganya berbalik menjadi lima biji seharga Rp5.000. Sebutir tomat sepertinya dihargai Rp1.000 oleh pedagang. Tomat ini ia beli kiloan. Imin tak menduga, harga beberapa kebutuhan mengalami lonjakan. Selain tomat, bawang merah dan cabai juga dikeluhkan sangat mahal. Menurutnya cukup memberatkan bagi ibu rumah tangga sepertinya yang bekerja serabutan.

Baca Juga : Harga Tomat Melonjak

“Seperti sama banyak jumlah uang dan jumlah barang yang kita beli,” katanya menggambarkan keadaan. Beberapa pedagang di pasar percontohan di Kota Mataram juga mengakuinya. Salah satu pedagang ayam di Pasar Kebon Roek mengaku harga ayam tiga hari terakhir mengalami kenaikan. Harga jual yang sebelumnya Rp35.000/Kg menjadi Rp38.000/ekor. Pedagang mengaku tidak mengetahui persis alasan kenaikan harga ayam. Yang diketahui dari agen karena stok ayam yang berkurang.

“Bisa dilihat. Kalau ayamnya sudah kecil-kecil yang dipotong, tandanya stok kurang,” demikian salah satu pedagang daging ayam broiler ini kepada Global FM Lombok, Selasa (7/4) kemarin. Untuk penjualan, pedagang ditawarkan daging ayam beku oleh salah satu pengusaha di Kota Matara. Namun pedagang tak siap menanggung risiko terhadap jaminan keamanan daging beku yang ditawarkan. Karena itu, mereka lebih memilih menujual daging ayam broiler fresh.

Baca Juga : Petugas Pasar Kebon Roek Khawatir Kehilangan Pekerjaan

Di pasar Mandalika, Yuli, salah seorang pedagang daging ayam broiler juga menyebut kenaikan harga ayam dalam tiga hari terakhir. Dari penyuplainya, ia menerima harga Rp35.000/ekor. Kemudian diecer menjadi Rp40.000/Kg. alasannya, karena kekurangan suplay ayam. Terpisah, pedagang sejumlah kebutuhan dapur juga menyebut terjadinya kenaikan harga bawang merah, tomat dan cabai.

Diperkiarakan akibat pengaruh cuaca. Hj. Rukaiyah menyebut harga bawang sudah mencapai Rp30.000/Kg. Harga cabai rawit Rp35.000/Kg dari yang sebelumnya Rp22.000/Kg. Demikian juga harga tomat sudah mencapai Rp14.000/Kg. “Sebelumnya harga tomat Rp60.000 sekeranjang. Sekarang sudah sampai Rp500-an ribu. Bawang putih juga naik, tadinya Rp25.000 menjadi Rp28.000/Kg,” bebernya. Kenaikan harga yang sama juga disampaikan Siti Haeniah di Pasar Pagesangan Mataram. Harga tomat dijual Rp15.000/Kg. kemudian cabai rawit Rp44.000/Kg, bawang merah Rp34.000/Kg. (bul)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Komentar

  1. Harga Cabai Melonjak Tak Bisa Diintervensi | Global FM Lombok17 January 2020, 08:35 at 8:35 am

    […] Baca Juga : Harga Ayam, Tomat, Cabai dan Bawang Naik Signifikan […]

  2. Disperindag Sulit Kendalikan Harga Bapok | Global FM Lombok16 January 2020, 10:41 at 10:41 am

    […] Baca Juga : Harga Ayam, Tomat, Cabai dan Bawang Naik Signifikan […]

Leave a Reply