Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Pagesangan Akibat Angin Kencang

Mobil yang tertimpa pohon tumbang di Pagesangan, Mataram, Sabtu 4 Januari 2020 (Global FM Lombok/viq)

Mataram (Global FM Lombok) – Pemerintah Kota Mataram mengimbau kepada semua warga agar selalu waspada terhadap keadaan cuaca saat ini. Karena cuaca yang saat ini terjadi seperti hujan dan angin kencang menyebabkan banyak pohon tumbang seperti yang terjadi di Pagesangan Mataram dan menimpa pengendara roda empat.

Lurah Pegesangan, Ida Bagus Made Ariawan mengatakan, sekitar pukul 14:00 Wita angin kencang dari arah barat yang mengarah ke timur mengakibatkan salah satu pohon waru di perempatan Pagesangan tumbang. Akibatnya, satu pengendara roda empat jenis Toyota Avanza tertimpa.

“Kejadiannya sekitar pukul 14:00 Wita tadi, pihak kelurahan langsung bersama anggota BPBD Kota Mataram sebanyak 12 orang turun ke lapangan membersihkan bekas pohon yang tumbang,” katanya saat dihubungi Global FM Lombok, Sabtu siang. Kata Made, kondisi jalan di pagesangan sudah mulai normal.

Kata Made, pihaknya sudah menghimbau jauh-jauh hari melalui semua Kepala Lingkungan se-Kelurahan Pagesangan untuk selalu waspada menghadapai musim hujan. Karena, hujan awal tahun 2020 ini selalu diikuti angin kencang. Pada kejadian tadi lanjut Made, tidak ada korban jiwa akibat tumbangnya pohon tersebut.

“Syukur tidak ada korban. Kondisi mobil yang tertimpa hanya lecet saja,” terangnya. Menurutnya, selain karena angin kencang kondisi pohon waru tersebut sudah berumur.


Senada dengan Made, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa menuturkan, Walikota Mataram (H Ahyar Abduh) telah memberikan imbauan kepada seluruh warga kota Mataram agar mampu mengantisipasi terjadinya bencana.

Kata Nyoman, Walikota Mataram selama musim hujan akan fokus mengantisipasi bencana yang bisa terjadi kapan saja. “Dalam melakukan antisipasi, Pak wali langsung memimpin dan memberikan arahan ke semua direksi yang tegas kepada SKPD terkait. Kalau ada kejadian agar langsung bergerak,” tegasnya.


Pemkot Mataram sudah menyediakan pos pantau dalam mengantisipasi bencana tahun 2020. Pos pantau tersebut terletak di kantor Walikota Mataram. Bukan hanya itu, untuk pos mobile sendiri kata Nyoman, Pemkot Mataram sudah menyiapkan di masing masing SKPD, kelurahan, dan kecamatan harus pada posisi on atau standby.

“Semua harus on, Lurah dan Camat harus standby. Sarana dan prasarana harus dalam keadaan bagus, semua dipastikan berfungsi dengan baik. Baik kendaraan maupun lainnya,” katanya. Bukan hanya Sarpras kata Nyoman, semua personel di masing-masing SKPD dalam tanggap bencana harus memenuhi standar operasional prosedur (SOP).


“Semua harus lengkap. Kita juga berikan imbauan untuk titik-titik rawan bencana di Mataram. Itu sebagian besar di pesisir pantai di Mataram dan bagian selatan kota Mataram. Kita juga beri imbauan sampai dengan perayaan Imlek, agar warga bisa selalu waspada akan adanya angin kencang ini,” tutup Nyoman. (viq)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply