Nataru, Pergerakan Penumpang di LIA Alami Kenaikan

Pintu Kedatangan LIA (Global FM Lombok/Ris)

Praya ( Global FM Lombok)- Momentum liburan Natal dan tahun baru 2020 di Provinsi NTB ditandai dengan kenaikan jumlah wisatawan yang berlibur ke daerah ini. Wisatawan yang datang menggunakan pesawat udara juga terpantau mengalami kenaikan. Secara umum, pergerakan penumpang di Lombok International Airport (LIA) mengalami kenaikan jikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Communication and Legal Manager LIA Nyoman Siang kepada Global FM Lombok Kamis (2/1) mengatakan, per tanggal 1 Januari 2020 jumlah penumpang di LIA sebanyak 9.589 orang. Angka ini mengalami kenaikan dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebanyak 7.544 penumpang. Namun pergerakan pesawat di awal tahun masih sama yaitu sebanyak 83 penerbangan.

Pergerakan penumpang di LIA memang cukup fluktuatif setiap hari. Jika dilihat dari periode H-6 Natal 2019 hingga tanggal 1 Januari 2020, jumlah penumpang harian berkisar antara 8.222 orang hingga tertinggi mencapai 11.41 penumpang per hari.

“Ini grafik pergerakan penumpang dan penerbangan naik turun selama Nataru dari H-6 hingga besok tanggal 6 ( Januari),” terang Nyoman Siang.

Sementara terkait dengan operasional LIA dengan tutupnya Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta akibat banjir, menurut Nyoman tidak ada dampak di LIA.” Cuma hari H saja yang terdampak karena sempat delay. Delay itu karena menunggu schedule, mestinya diarahkan ke mana,” terangnya.

Ia mengatakan, naiknya pergerakan penumpang di momen Nataru ini salah satunya dipengaruhi oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di NTB, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jika dilihat di data, di tanggal 1 Januari kemarin jumlah penumpang dometik yang datang melalui LIA sebanyak 4.207 orang atau naik 28 persen dari tahun sebelumnya, sementara penumpang mancanegara sebanyak 420 orang atau naik 25 persen.

Pilihan orang berwisata ke Lombok maupun Sumbawa tidak terlepas dari semakin membaiknya destinasi wisata NTB pascagempa tahun 2018 lalu. Proses recovery memang terus dilakukan oleh pemerintah untuk mengembalikan gairah wisata di daerah ini.

“ Mudah-mudahan dengan adanya event MotoGP di 2021 mendatang, animo wisatawan yang datang ke Lombok itu terus meningkat. Dengan fasilitas dan prasarana yang disediakan oleh pemda, dan promosi oleh Dinas Pariwisata, kita berharap penumpang terus meningkat,” harapnya.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply