Selama Nataru, Akses Layanan Streaming Diprediksi Meningkat 51 Persen

Ilustrasi Live Streaming (Global FM Lombok/Dok)

Mataram (Global FM Lombok)- Akses layanan streaming video dan musik pada momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020 diprediksi akan meningkat 51% dibandingkan periode 2018 sebelumnya.

Potensi peningkatan trafik data juga didasari pada peningkatan trafik data serta konsumsi data pada Kuartal III.

Perusahaan seluler seperti Telkomsel memastikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan telekomunikasi pada periode yang biasa dimanfaatkan masyarakat sebagai waktu liburan ini.

Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto dalam rilis yang diterima Global FM Lombok, Selasa (31/12) mengatakan, setiap tahun, pihaknya konsisten memperkuat layanan telekomunikasi untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi pelanggan yang semakin meningkat pada momen Nataru.

“Dengan tren pertumbuhan trafik data Telkomsel yang diprediksi akan kembali berlanjut pada musim liburan akhir tahun ini, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan sehingga pelanggan dapat terus saling terhubung.”katanya.

Iskri kemudian menambahkan bahwa Telkomsel juga memastikan kenyamanan pelanggan dalam menjalani gaya hidup digital dalam berbagai aktivitasnya.

“Dengan optimalisasi jaringan broadband Telkomsel, pelanggan dapat menggunakan layanan internet Telkomsel seperti mengunggah berbagai macam konten di media sosial, melakukan panggilan video, atau menonton video di berbagai platform layanan streaming ataupun on-demand dengan nyaman.” katanya.

Pada momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Telkomsel memprediksi trafik data akan mengalami peningkatan 26,34%. Prediksi tersebut didasari perilaku pelanggan yang berselancar internet seperti aktivitas di media sosial, streaming video, atau streaming musik. Untuk akses layanan berbasis streaming sendiri, Telkomsel memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 51%, dibandingkan periode sebelumnya.

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan drive test jaringan di berbagai daerah di Indonesia. Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan kawasan perbatasan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G. Lebih lanjut, untuk mengakselerasikan jangkauan serta kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS yang menggunakan frekuensi 900Mhz. Jangkauan layanan 4G yang telah mencapai 95% dari total wilayah populasi di Indonesia akan terus Telkomsel tingkatkan demi memberikan akses telekomunikasi terdepan bagi masyarakat di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply