Khidmat, Perayaan Natal di Mataram

Kapolda NTB, Nana Sudjana didampingi Danrem 162/WB Ahmad Rizal Ramdhani dan Sekda NTB, HL.Gita Ariadi bersama jemaat gereja saat memantau ibadat Natal, Rabu, 25 Desember 2019. Secara umum pelaksanaan Natal 2019 di NTB berlangsung kondusif. (Global FM Lombok/humas polda NTB)

Mataram (Global FM Lombok) – Umat nasrani di NTB melaksanakan ibadah Natal tahun 2019 dengan khidmat. Pengamanan berjalan dengan lancar mulai dari Misa Natal pada Selasa, 24 Desember sampai ibadah kebaktian pada Rabu, 25 Desember 2019. Umat beragama di NTB menunjukkan toleransinya.

‘’Kami rayakan malam terang benderang dengan tidak merasa cemas dan takut. Kami merasa terharu,’’ ucap Pastor Paroki Gereja Katolik Santa Maria Immaculata Mataram RD Laurensius Maryono, kepada Global FM Lombok.

Hal itu diungkapkannya saat menerima kunjungan Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana yang didampingi Sekda NTB, drs. HL Gita Ariadi, M.Si, Danrem 162/WB Kol. CZI Ahmad Rizal Ramdhani, serta anggota Forkopimda NTB, Selasa petang.

Laurensius berpesan pada umatnya untuk hidup bersahabat dengan semua orang dari berbagai elemen. Walaupun ada terjadi intoleransi dan pengkotak-kotakkan masyarakat. ‘’Umat harus mampu hidup dengan semua orang, semakin bersatu, rukun sebagai saudara,’’ ujarnya.

Baca Juga : 18 Napi Dapat Remisi Natal

Gereja Diamankan dengan Sterilisasi

Ketua Bidang Aksi Kemasyarakatan Pastoral Paroki Santo Antonius Padua Ampenan, Anastasia Sunarmi juga merasakan rasa aman yang sama. Pelaksanaan ibadah Natal yang diikuti sekitar 1.500 umat di gereja tersebut berlangsung khidmat.

‘’Kami berterima kasih karena sudah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi kami untuk melaksanakan ibadah,’’ ucapnya.

Sementara, Kapolda menyatakan pelaksanaan ibadah Natal di NTB berjalan dengan aman. Melalui Operasi Lilin Gatarin, pihaknya mengerahkan pengamanan yang maksimal.

Nana memimpin langsung pengamanan dari malam Misal Natal Selasa (24/12) di Gereja Katolik Santa Maria Immaculata dan Gereja Katolik Santo Antonius Padua Ampenan. Kemudian dilanjutkan pengamanan kebaktian gereja Rabu (25/12) pagi. Kapolda bersama Forkopimda memimpin pengamanan sambil bersepeda.

Baca Juga : Danrem 162/WB dan Kapolda NTB Pantau Langsung Perayaan Natal 2019

‘’Kami dari aparat keamanan dan Forkopimda menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani yang merayakan Natal. Dari hasil pemantauan situasi NTB sampai saat ini kondusif,’’ ujarnya.

Sekda NTB HL Gita Ariadi berharap, kondisi keamanan NTB dapat terus dipertahankan sampai perayaan tahun baru nanti. Juga, dalam masa mendatang untuk menjamin jalannya agenda pembangunan.

‘’Kami apresiasi langkah pengamanan aparat keamanaan kita dan kita sama-sama berdoa kondusivitas selama perayaan Natal hingga tahun baru nanti benar-benar terjamin,’’ terangnya.

Danrem 162/WB Kol. Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, meskipun kondisi aman tetapi pihaknya tetap menyiagakan 1.500 pasukan. 500 personel diantaranya sudah di posisi pengamanannya masing-masing.

‘’Kami membantu sepenuhnya. Kami antisipasi adanya aksi yang sifatnya membahayakan atau radikal. Antisipasi sedini mungkin. Sampai saat ini tidak ada indikasi tersebut,’’ ungkapnya. (ron/why)


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Evaluasi Operasi Lilin 2019 Natal Tahun Baru yang Kondusif | Global FM Lombok4 January 2020, 08:48 at 8:48 am

    […] Baca Juga : Khidmat, Perayaan Natal di Mataram […]

Leave a Reply