Wisata Bahari Sumbawa Hanya Kalah dari Raja Ampat

Asisten Administrasi Umum Setda Sumbawa, H. Iskandar usai menerima penghargaan Trisaki Tourism Award, Minggu, 22 Desember 2019. (Global FM Lombok/ist)

Sumbawa Besar (Global FM Lombok) – Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Sumbawa, Ir. H. Iskandar D, M.Ec.Dev menerima Penghargaan untuk Kabupaten Sumbawa sebagai Juara II Kategori Wisata Bahari pada ajang Trisakti Tourism Award 2019 di Jakarta. Sumbawa hanya setingkat dibawah Raja Ampat Papua.


Sebagaimana disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, H. Tajuddin S.H, Senin, 23 Desember 2019, ajang penghargaan yang diberikan hari Minggu, 22 Desember itu, dihadiri Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan sejumlah pejabat lainnya.

Diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Pada ajang bergengsi tersebut, Wisata Bahari Kabupaten Sumbawa berada setingkat di bawah Kabupaten Raja Ampat Papua yang meraih Juara I. Sedangkan yang meraih juara III yaitu Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung.

Disampaikan H. Ande, sapaan akrabnya, H. Iskandar, Trisakti Tourism Award selain sebagai wahana promosi wisata Kabupaten Sumbawa juga menjadi bagian untuk mempromosikan hasil kreativitas ekonomi masyarakat bahari Kabupaten Sumbawa.

“Memang kami kalah dari Kabupaten Raja Ampat. Namun ini adalah langkah awal kami dalam kiprah nasional. Kita bersaing dengan destinasi-destinasi tingkat nasional bahkan internasional,” ujarnya.


Teluk Saleh dan Pulau Moyo telah menjadi rujukan wisata dunia. Saat ini Pemkab juga tengah membangun titik-titik destinasi di sekitarnya. Termasuk meningkatkan kapasitas SDM, meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas darat. H. Ande pun mengaku bangga mendapat apresiasi pada Trisakti Tourism Award ini. “Tentunya ini akan menambah spirit kerja kami agar di momen lain kami akan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Apalagi bahari Kabupaten Sumbawa selama ini dikenal dengan sebutan Mutiara dari Timur. Sebab memiliki keindahan Teluk Saleh dan potensi wisata bahari lainnya.

“Potensi lain yang kami miliki sebetulnya banyak, namun karena setiap daerah mengirim satu kategori, maka kami menjagokan potensi wisata bahari,”pungkasnya. (arn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Catatan Pariwisata 2019, Awal Kebangkitan Pariwisata NTB | Global FM Lombok30 December 2019, 09:57 at 9:57 am

    […] Baca Juga : Wisata Bahari Sumbawa Hanya Kalah dari Raja Ampat […]

Leave a Reply