Fenomena Hujan Es Kembali Terjadi di Kecamatan Terara

Warga menunjukkan butiran es yang turun saat terjadi hujan di wilayah Kecamatan Terara, Kamis, 19 Desember 2019 (Global FM Lombok/Lalu Ridho)

Selong (Global FM Lombok) – Fenomena hujan es kembali menggegerkan masyarakat Terara Lombok Timur (Lotim), Kamis, 19 Desember 2019. Kejadian tersebut sekitar pukul 15:30 Wita, tepatnya di Desa Rarang, Desa Jenggik dan sekitarnya. Fenomena langka ini pun diabadikan oleh masyarakat sekitar.

Dari informasi yang diterima Suara NTB, hujan es berupa butiran-butiran kecil menyerupai kelereng kecil terjadi setelah terjadinya hujan dengan intensitas cukup besar di Kecamatan Terara yang merupakan wilayah perbatasan Kabupaten Lotim dengan Kabupaten Lombok Tengah.

Masyarakat mengetahui terjadi hujan es saat mendengar adanya butiran-butiran yang terjatuh pada bagian atap rumahnya dan membuat suasana ribut.

“Hujan es kembali terjadi di Terara. Atap-atap ribut karena butiran es yang jatuh ukurannya seperti kelereng kecil,” terang Hilmi, warga setempat.

Disamping itu, tuturnya, butiran es juga tampak terlihat jelas berserakan di tanah namun tidak bertahan lama karena bercampur air hujan. Butiran es tersebut cepat mencair sehingga agak kesulitan untuk mengabadikannya.

Hal senada disampaikan, Lalu Ridho, warga Desa Rarang Kecamatan Terara, juga membenarkan terjadinya hujan es. Beberapa rekannya juga mengabadikan fenomena langka ini. Di Desa Rarang, kata dia, hujan mulai turun sekitar pukul 14:30 Wita disusul hujan es sekitar pukul 15:30 Wita.

Dikatakan Lalu Ridho, kondisi curah hujan cukup tinggi di sertai angin kencang. Oleh sebab itu, beberapa rumah warga di Desa Rarang mengalami kerusakan pada bagian atap dan kebocoran. “Selain hujan es, beberapa rumah warga juga rusak disebabkan angin kencang,” pungkasnya. (yon)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply