IKM di Loteng Bentuk Forum, Percepat Lahirnya Produk Suvenir Corak MotoGP

Wabup Loteng H.Lalu Pathul Bahri melihat produk IKM Loteng usai pembentukan Forum IKM

Praya (Global FM Lombok)- Forum Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akhirnya terbentuk. Forum ini menjadi wadah komunikasi dan saling mengisi antar pelaku IKM dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka seiring dengan perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Forum IKM di Loteng terbentuk melalui kegiatan yang berlangsung di Pendopo II Wakil Bupati Lombok Tengah, Kota Praya, Kamis (12/12). Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Loteng, H.Lalu Pathul Bahri, pejabat Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kadisperindag Loteng H. Saman, perwakilan ITDC dan pihak lainnya.

Kadisperindag Loteng H. Saman mengatakan Forum IKM ini sebagi tempat menyatukan persepsi  terkait dengan pengembangan KEK Mandalika dan menyambut perhelatan MotoGP 2021. Ada tujuh produk unggulan daerah Kabupaten Loteng yang fokus dikembangkan yaitu kerajinan ketak, bambu, tenun, gerabah, hiasan perak,meubel serta olahan agro industri.

Terbentuknya forum IKM tersebut kata H. Saman akan memudahkan pemerintah dalam memfasilitasi IKM penghasil produk unggulan dalam peningkatan kualitas produk terutama dalam hal desain terkait dengan MotoGP.

“Keingianan pemda yaitu lahirnya produk IKM ini untuk membrading event Mandalika MotoGP. Jadi dari tujuh produk unggulan itu diharapkan mengarah ke MotoGP itu. Ikon MotoGP itu diharapkan ada di setiap produk, misalnya kerajinan perak terdapat gambar lumbung dengan tulisan Mandalika MotoGP. Kalau di olahan pangan di dalam kemasannya itu ada gambar-gambar yang berkaitan dengan MotoGP,” terangnya.

Wakil Bupati Loteng H.Lalu Pathul Bahri dalam kesempatan itu memberikan sambutan serta menyerahkan kartu IKM kepada pelaku IKM di Loteng sebagai tanda terwujudnya forum ini. Jadi ke depannya, kartu IKM itu akan dikantongi oleh seluruh pelaku IKM yang sudah tergabung dalam forum.

Kadisperindag mengatakan, Bekraf juga mendukung terbentuknya forum ini, “Terlebih Bekraf tidak ingin person to person, dia inginnya  komunitas. Jika ada dalam satu forum, maka ada satu juru bicara untuk menyampaikan keinginan IKM. Jadi forum IKM ini diminta buat proposal dengan pemerintah daerah untuk diteruskan ke Bekraf.

Selanjutnya disana akan dilakukan penandatanganan MoU di Jakarta,” katanya.
Pasca-terbentuknya forum IKM di tingkat kabupaten, program selanjutnya yaitu membentuk organisasi sampai tingkat kecamatan dan desa. Anggota forum ini masih terbatas yaitu 257 orang, karena masih tahap awal. “Nantinya diharapkan semua pelaku IKM bisa masuk forum ini dan mampu berkembang secara bersama-sama,” terangnya.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Belasan Ribu IKM di NTB Belum Punya Izin | Global FM Lombok9 January 2020, 08:30 at 8:30 am

    […] Baca Juga : IKM di Loteng Bentuk Forum, Percepat Lahirnya Produk Suvenir Corak MotoGP […]

Leave a Reply