Wisata Mulai Ramai, Pengamanan Wisatawan Jadi Prioritas Polda NTB

wisatawan asing sedang menyaksikan Festival Senggigi. (Global FM Lombok/dok)

Mataram (Global FM Lombok)- Wisata NTB mulai menunjukkan geliatnya pasca terdampak oleh bencana gempa tahun 2018 lalu. Untuk menjamin keamanan wisatawan, terlebih wisatawan asing, Polda NTB meningkatkan pengamanannya di destinasi tertentu seperti di wisata Tiga Gili yang terletak Kabupaten Lombok Utara serta di Mandalika Lombok Tengah.

Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana kepada Global FM Lombok di Mataram, Rabu (19/06) mengatakan, pihaknya akan mencegah terjadinya tindak pidana atau kasus kriminal yang menyasar wisatawan yang datang ke NTB. Bagaimanapun juga, keamanan pariwisata menjadi modal yang sangat penting untuk keberlanjutan dunia wisata yang menjadi salah satu ikon Provinsi NTB selama ini.

“ Dan ini orang-orang asing sudah mulai berdatangan kembali. Ikonnya NTB kan salah satunya pariwisata, dalam hal ini kami dari Polda NTB, yang diberikan kewenangan untuk mengamankan orang asing atau lokasi pariwisata, kami akan memaksiamlkan memberikan perlindungan kepada turis-turis asing ini. Kami memang sudah membuat pola atau sistem pengamanan disana,” kata Kapolda NTB, Rabu (19/06)

Kapolda NTB mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Gubernur NTB guna membangun sinergi dalam hal pengamanan destinasi wisata ini. Bahkan di destinasi wisata Gili Trawangan dan sekitarnya sedang diusulkan agar pos pengamanan di sana ditingkatkan statusnya menjadi Polsek. Nantinya jumlah personil yang melakukan pengamanan di sana akan ditambah.

Sementara itu, destinasi wisata KEK Mandalika di Lombok Tengah sedang dalam proses pengembangan. Terlebih dengan adanya rencana event MotoGP tahun 2021 disana, sehingga aspek pengamanan juga menjadi prioritas. Tak hanya unsur dari Polda dan Polres Lombok Tengah, namun ada tambahan pengamanan juga dari TNI.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply