Pelayanan Satu Hari di Dukcapil Loteng Akan Mampu Atasi Calo KTP

Proses perekaman E KTP ( Global FM Lombok/dok)

Praya (Global FM Lombok)- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Tengah sering kali diidentikkan dengan masih adanya percaloan pengurusan dokumen kependudukan. Ada sejumlah oknum yang menawarkan jasa kepada masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya tanpa perlu menunggu terlalu lama. Namun, hal itu harus  dibarengi dengan imbalan biaya hingga ratusan ribu.

Hal itu diakui oleh Kepala Dukcapil Lombok Tengah, Baiq Anita, Senin (17/6) siang. Padahal, pengurusan dokumen di Dukcapil diklaimnya gratis, baik itu Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun akte kelahiran. Dia mengatakan, pihaknya sekarang ini menerapkan layanan satu hari jadi. Satu hari pelayanan ini diharapkan bisa mencegah masyarakat menggunakan jasa calo.

” Kita terapkan satu hari pelayanan sekarang. Semua yang diurus mulai dari KTP, KK itu bisa jadi sehari. Sehingga kita harapkan tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan jasa calo. Kita memang selalu disebut banyak calo. Makanya ini kita buat satu hari jadi”,terangnya.

Menurut dia, setelah penerapan layanan satu hari tersebut, jumlah masyarakat yang mengurus langsung dokumen kependudukanny ke kantor Dukcapil semakin banyak. Pihaknya menyediakan delapan loket pelayanan sehingga masyarakat tidak terlalu lama mengantri.(dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply