Kunjungan Wisman Ke NTB Menurun

Sejumlah penumpang pesawat baru mendarat di BIL

Mataram (Global FM Lombok)- Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi NTB dari Januari – April 2019 terlihat menurun jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, kunjungan wisman selama Januari-April sebanyak 14.467 orang. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018 jumlahnya 31.433 orang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Suntono dalam rilisnya Senin (10/6) siang mengatakan, jumlah wisman yang datang ke NTB di awal tahun ini cenderung menurun. Misalnya khusus di Bulan April saja, wisman ke NTB hanya 5.171 orang, sementara di tahun 2018 lalu di bulan yang sama jumlahnya 10 ribu lebih.

“Ini kalau kita lihat dari jumlah tamu yang menginap, terutama yang orang asing itu juga kurang lebih sama bahwa di tahun 2019 ini belum bisa menyamai apalagi melampaui dua tahun yang lalu untuk bulan yang sama,” kata Suntono, Senin (10/06)

Dilihat dari asal negara asal, wisatawan dari negeri jiran Malaysia masih mendominasi dengan jumlah 5.815 orang selama Januari – April 2019. Selain dari Malaysia, wisatawan dari China juga sudah mulai muncul dengan jumlah 2.102 orang. Wisatawan dari sejumlah negara Eropa seperti dari Jerman, Britania Raya, dan Prancis jumlahnya masing-masing kurang dari seribu orang.

Adapun wisatawan dari negara-negara Timur Tengah yang berkunjung ke NTB jumlahnya masih sangat minim. Misalnya di Bulan April lalu, jumlah wisatawan asal Timur Tengah hanya 16 orang yang dihitung melalui pintu masuk Bandara Internasional Lombok. (ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Target Kunjungan 4 Juta Wisatawan Tahun 2019 di NTB Meleset | Global FM Lombok3 January 2020, 10:09 at 10:09 am

    […] Baca Juga : Kunjungan Wisman Ke NTB Menurun […]

Leave a Reply