Loteng Akan Anggarkan Rp 100 Juta untuk Pemugaran Batu Payung

Batu Payung Lombok setelah roboh

Praya (Global FM Lombok)-  Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah memastikan akan melakukan pemugaran batu payung yang ambruk karena terkikis ombak pada bulan April lalu. Ditargetkan pemugaran akan akan dilakukan pada tahun depan dengan anggaran sebesar Rp 100 juta.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Putrie, Jum’at (24/5). Dikatakannya bahwa butuh proses yang panjang untuk membangun kembali destinasi wisata ikonik yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tersebut. Sejauh ini, pihaknya sudah berkonsultasi dengan sejumlah ahli terkait pola pemugaran batu payung. Target pemugaran batu berusia jutaan tahun itu adalah agar kembali terlihat bagus, kokoh dan juga alami seperti batu payung sebelumnya.

“Supaya batu payung itu bisa dibangun kembali karena patahannya besar. Cuma ini kan perlu teknologi, kita butuh perencanaan yang secara teknis ke PU an itu memenuhi syarat. Sehingga bukan sekedar membangun, tapi dia kuat dan alami kelihatannya”,katanya.

Dia menerangkan bahwa pemugaran batu payung tidak sekedar melakukan pembangunan ulang. Namun, bagaimana agar salah satu destinasi wisata andalan di Lombok Tengah itu bisa bertahan lama seperti batu payung yang asli. Dinas Pariwisata Loteng tetap berharap destinasi batu payung tetap menjadi lokasi liburan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara(dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply